Rabu, 18 Juli 2012

Episode Miris


KRL Ekonomi Bogor Jakarta : kaki lima berjalan, sekaligus panggung konser, sekaligus tempat sampah serbaada.

Ibu-ibu kini tidak lagi mengajarkan pada anaknya untuk tidak membuang sampah sembarangan, untuk mengantungi bungkus permen yang dibawanya. 

Kontempelasi Hidup


Betapa beruntungnya kita karena Allah telah menciptakan manusia terdiri atas otot sadar dan tidak sadar. Menciptakan organ yang bisa bekerja sendiri tanpa harus disuruh-suruh. Menciptakan organ yang umur ekonomisnya seumur hidup manusia, tak pernah berhenti bekerja sedetik pun (kecuali kondisi khusus). 

Geometri


Masih puisi Pak Taufik Ismail. Kali ini berjudul Geometri. Tahu?

Dari titik ini
Sedang kita tarik garis lurus
Ke titik berikutnya

Segala komponen
Telah jelas. Dalam soal
Yang sederhana

Arithmetik Sederhana


Aku selalu tergelitik oleh puisi pak Taufik Ismail yanjg judulnya Arithmetik Sederhana. Pernah dengar?

Selama ini kita selalu
Ragu2
Dan berkata :
Dua tambah dua
Mudah-mudahan sama dengan empat

KVK bukan KPK


K V K
(Koin VS Kerikil)
-Refleksi syukur seorang manusia-

Seorang pemborong (kontraktor) mendapatkan proyek besar membangun sebuah apartemen yang megah dan mewah. Pemborong itu kemudian mengumpulkan para pekerjanya untuk menjelaskan rencana pembangunan apartemen itu. Pembangunan apartemen itu berjalan dengan baik dan lancar.

#aksara bermakna - Tebakan


Terkadang ada hal yang tidak kita mengerti, tapi dapat kita rasakan
Ada hal yang tidak kita pahami, tapi dapat membuat kita menangis
Dan ada hal yang sangat sederhana, tapi dapat membuat kita tersenyum

Apa hayo...??^^,

Kehilangan di Sebuah Pagi


kau datang sebelum pagi menjelang
mengutip makna embun dan kabut pagi
aku mengayunkan tanganku ke udara kosong
melukis wajahmu yang segera hilang dibawa angin

mengapa aku baru menyadari sekarang
setelah tak ada lagi yang bisa kugenggam
seperti angin yang menyelusup lewat jari-jari tangan
dan tak pernah kulihatnya pergi

kenapa kau datang terlalu pagi
saat aku tak punya keberanian untuk bermimpi

kau pergi
hilang
dan angin merenggut lukisan
wajahmu dari udaraku
yang senyap

6 Januari 2008

#aksara bermakna - kontempelasi usia


Saat hari itu datang berulang setahun kemudian
itu artinya kehidupan kita semakin senja
semakin sedikit pula waktu yang kita punya
bukan lagi waktunya menyanyikan lagu-lagu nostalgia, mengingat masa-masa bahagia
tapi sudah saatnya bergegas untuk hari yang kian lekas

April 2007

Selasa, 17 Juli 2012

Membaca yang Aku Lihat di Luar Sana


Aku baru pulang dari Semarang tadi siang. Kebetulan sendirian aja, jadi nggak ada temen ngobrol. Akhirnya cuma diem sambil lihat pemandangan di luar jendela. Pas lewat Demak, aku lihat semacam kali (sungai kecil), entah kali atau cuma saluran air yang gedhe. Bukan hal baru sih. Aku juga sering lewat Demak kalo ke Bogor atau pulang dari Bogor, tapi kalo ga masih pagi buta ya udah malem. Jadi kalinya nggak kelihatan.

Kamis, 14 Juni 2012

#aksara bermakna

Kehilangan terbesar adalah kehilangan rasa kehilangan itu sendiri.
Karena barangkali saat itu kita telah kehilangan semuanya tanpa sadar bila kita telah kehilangan. (re-write quote tokoh tapi lupa siapa)

#aksara bermakna

Dalam sebuah lagu, kasih ibu diibaratkan seperti sinar sang surya pada dunia.
Hanya memberi tak harap kembali.
Namun setulus apapun kasih ibu, pasti tersirat keinginan untuk mendapatkan balasan cinta dari anak-anaknya.
Meski hanya sekedar pelukan saat ia telah renta.

Flora : Episode Floristerious

"Aku tak akan menggadaikan kebahagiaan yang kugenggam hanya untuk memenuhi keingintahuanku akan sesuatu yang pernah terjadi di masa lalu saat kau tak lagi bersamaku. Sudah cukup bagiku pernah memilikimu meski hanya di masa lalu." Lagi-lagi Flora tenggelam dalam kenangan.

"Apakah kebahagiaanku menyakitimu? Apakah kebahagiaanku mencederai hatimu? Lalu siapa yang harus disalahkan? Kau? Atau aku?" Flora berpaling. Barangkali dia yang keliru mengartikan bunga-bunga yang jatuh di jendelanya setiap pagi.

Rabu, 06 Juni 2012

Makronutrien

Makanan adalah bahan nabati dan hewani yang layak masuk ke dalam tubuh. Dalam makanan, terkandung zat gizi. Zat gizi adalah kandungan kimiawi dalam makanan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Banyak sekali peran zat gizi, antara lain untuk membentuk dan memelihara jaringan, untuk sumber tenaga, untuk mengatur sistim dalam tubuh, serta melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Berdasarkan fungsinya, zat gizi digolongkan menjadi 3, yaitu sebagai sumber energi (karbohidrat, lemak, protein), untuk pertumbuhan dan mempertahankan jaringan tubuh (protein, lemak, vitamin, mineral), dan sebagai pengatur metabolisme dalam tubuh (mineral, vitamin, air, dan protein).


Makanan : Kenali Dia Kawan atau Lawan

Dalam mengkonsumsi makanan, kita harus tahu betul apa yang kita makan agar kita selamat dan sehat. Perhatikanlah makanan Anda dari bahan berikut ini.

Gula

Gula memang dibutuhkan untuk tubuh sebagai sumber energi. Akan tetapi bila berlebihan, dapat menimbulkan efek yang tidak baik. Selama tubuh dapat memproduksi insulin dengan baik, gula yang ada dalam darah akan diubah menjadi gula otot (glikogen). Namun bila keadaan ini berlangsung terus menerus, maka simpanan gula tersebut akan menjadi lemak dalam tubuh dan mengakibatkan obesitas. Yang lebih berbahaya bila tubuh tak sanggup lagi memproduksi insulin yang cukup untuk mengubah gula darah. Akibatnya gula akan terkonsentrasi dalam darah, dan kondisi inilah yang disebut dengan diabetes.


Bijak Memilih Asupan Makanan

Batasi Konsumsi Lemak dan Minyak 

Makananlah makanan sumber lemak seperempat dari kecukupan energi. Lemak menghasilkan kalori yang besar dan lama untuk dicerna. Terlalu banyak mengkonsumsi lemak juga terbukti kurang baik bagi kesehatan. Komposisi konsumsi lemak yang dianjurkan adalah 2 bagian makanan yang mengandung sumber lemak nabati dan 1 bagian mengandung sumber lemak hewani. 

Pilihlah sumber lemak yang mengandung asam amino tidak jenuh, seperti yang banyak terdapat pada ikan dan kacang-kacangan. Asam amino tidak jenuh bermanfaat bagi tubuh dan mengurangi resiko hipertensi atau kolesterol.


Apakah Anda Mengidap Anoreksia atau Bulimia?

Ada sebagian wanita yang sangat terobsesi memiliki tubuh yang kurus. Persepsi ‘cantik’ dengan tubuh langsing terkadang membuat wanita melakukan apa saja demi mendapatkannya tanpa mempertimbangkan efek bagi kesehatan. 

Salah satu gangguan makan tersebut adalah Anoreksia Nervosa (AN). Penderita AN menolak makan karena takut menjadi gemuk atau bentuk tubuhnya berubah. AN merupakan sebuah penyakit kompleks yang melibatkan komponen psikologikal, sosiologikal, dan fisiologikal. Karena biasanya AN disebabkan oleh lingkungan yang membentuk pola pikir seseorang bahwa ‘cantik/menarik’ terdapat pada seseorang dengan tubuh yang kurus/langsing. Akhirnya, dari lingkungan (sosiologikal) tumbuh persepsi negatif (psikologikal) yang berimbas pada kesehatan tubuh (fisiologikal). Pada penderita AN biasanya ditemukan disfungsi pada hati. 


Konsumsi Aneka Ragam Makanan

Seimbangkanlah makanan Anda dengan berupaya memenuhi kebutuhan akan zat gizi dasar setiap kali makan. Zat gizi dasar terdiri atas zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur.

Makanan sumber zat tenaga dibutuhkan untuk memberikan energi yang dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari. Dapat diperoleh dari makanan seperti beras, jagung, gandum, ubi kayu, ubi jalar, kentang, sagu, roti, mi, dll. Selain dari makanan yang kaya karbohidrat, makanan berlemak seperti minyak, margarain dan santan juga dapat menghasilkan tenaga. 


Makanlah Makanan yang Halal dan Baik

Islam memang menaruh perhatian tentang apa yang masuk ke dalam tubuh seorang muslim. Mengapa? Karena zat yang masuk tidak hanya akan mempengaruhi raga, tetapi juga dapat mempengaruhi kejiwaan seseorang.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, akan mendarah daging. Apa jadinya diri kita bila yang kita makan adalah makanan yang buruk? Ada segumpal daging dalam diri manusia, yang bila baik daging tersebut, maka baik lah dirinya. Daging itu adalah hati. Mungkin hati yang dimaksud di sini bukan hati secara ragawi. Tetapi bila kita perhatikan, maka akan ada keterkaitan antara makanan, kondisi hati jasmani, dan kondisi hati ruhani.

Jadi, apa sajakah pedoman makan yang baik bagi seorang muslim?


Pilihlah Makananmu

Makanan yang Halal

Pada dasarnya, semua makanan hukumnya mubah kecuali yang jelas diharamkan oleh Allah. Namun terkadang, ada pula makanan yang masih syubhat atau kurang jelas halal-haramnya. Maka untuk yang seperti ini, kita harus mencari tahu fatwa-fatwa yang telah disampaikan oleh para alim ulama. Apabila masih ragu, maka yang terbaik adalah menghindarinya. Toh masih banyak kan jenis makanan lainnya?

Selain halal zatnya, makanan juga harus halal cara memperolehnya. Bukan hasil mencuri, merampas, uang yang dipakai untuk membelinya pun, berasal dari uang yang halal. Maka halal di sini akan mengantarkan kita kepada sebuah kehidupan yang beradap dan menjaga kebaikan diri setiap manusia.


Bijak Mengkonsumsi Karbohidrat

Konsumsi energi yang berlebihan dalam rentang waktu yang lama akan menyebabkan kegemukan. Tetapi apabila konsumsi energi kurang, maka cadangan energi dalam tubuh yang berada dalam jaringan otak/lemak akan digunakan untuk menutupi kekurangan tersebut. Apabila hal ini berlanjut, maka dapat menurunkan produktivitas. Pada wanita, terlalu kurus juga dapat menyebabkan gangguan reproduksi, seperti menstruasi yang tidak lancar.

Yang perlu diingat adalah kurus dan gemuk terkadang juga berkaitan dengan faktor genetik. Oleh karena itu, belum tentu orang kurus karena kurang makan. Tetap perhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi agar tubuh tetap sehat. Sebaliknya, ada orang yang secara genetik cenderung gemuk. Tidak perlu khawatir. Bila memang ditakdirkan bertubuh besar/gemuk, jagalah tubuh dengan memperhatikan pola makan dan berolahragalah secara teratur. Di luar persepsi kurus atau gemuk, yang terpenting adalah Anda merasa sehat secara jasmani dan rohani.


Minumlah Air Bersih yang Aman dan Cukup

Sebagian tubuh kita terdiri atas air. Metabolisme dalam tubuh kita juga memerlukan cairan. Karena itulah air sangat penting walaupun tidak mengandung zat gizi penghasil energi, zat pembangun ataupun zat pengatur. Cairan yang dikonsumsi orang dewasa, terutama air minum, sekurang-kurangnya dua liter atau setara dengan delapan gelas setiap hari. Selain dari air minum, air juga dapat diperoleh dari makanan yang kita makan, seperti buah-buahan, kuah sayur, dan lain-lain. 

Sumber air yang diminum juga harus memenuhi standar keamanan, seperti tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa. Bila ada salah satu atau ketiga indikasi di atas, bisa jadi sumber air tidak layak minum karena sudah tercemar oleh cemaran biologis atau kimia. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan resiko penyakit batu ginjal, diare dan keracunan. 


Berenergi dengan Sarapan Pagi


Sarapan pagi tidak hanya penting untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa. Kebiasaan menghindari sarapan dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, merupakan kekeliruan yang dapat mengganggu kondisi kesehatan. Anda membutuhkan energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Sarapan dapat memelihara ketahanan fisik, mempertahankan daya tahan saat bekerja dan meningkatkan produktivitas kerja. Sarapan pagi dapat meningkatkan konsentrasi dalam belajar dan bekerja.

Tips Belanja Makanan Kemasan

Setiap kali Anda berbelanja makanan yang sudah dikemas, selalu perhatikan label pada kemasan tersebut. Beberapa hal yang perlu Anda cermati ketika berbelanja adalah sebagai berikut :

1. Label halal

Sebagai seorang muslim, hal pertama sebelum mempertimbangkan membeli makanan adalah halal. Karena itu, utamakan mencari label tersebut pada kemasan pangan yang akan Anda beli untuk memastikan jaminan kehalalannya.

2. Kondisi kemasan

Pilihlah produk yang dengan kemasan yang masih utuh dan baik. Susu kotak atau botol yang menggembung menunjukkan telah terjadi kontaminasi mikroba, begitu pula dengan produk kaleng. Makanan dalam kemasan plastik yang rusak terpapar udara luar sehingga mempunyai aroma yang tidak sedap (tengik) atau sudah melempem. Pastinya sebagai konsumen Anda ingin yang terbaik, bukan? Karenanya, telitilah sebelum membeli.

Selasa, 05 Juni 2012

You Are What You Eat

‘tell me what you eat and I will tell you what you are’

(Anthelme Brillat-Savarin menulis dalam Physiologie du Gout, ou Meditations de Gastronomie Transcendante)





Makan adalah salah satu kebutuhuhan pokok yang tidak dapat ditinggalkan oleh manusia. Maka tak salah bila bermunculan pepatah dan ungkapan yang berkaitan dengan manusia dan makanannya. Salah satunya seperti yang sering kita dengar, ‘you are what you eat’, kamu adalah apa yang kamu makan. Oh, tentu saja ungkapan ini tidak berarti orang akan menjadi sapi ketika memakan rendang, atau seperti kambing bila memakan gulai. Maksud dari ungkapan ini adalah kualitas kesehatan kamu, bisa tampak dari apa yang kamu makan.


Rabu, 23 Mei 2012

#aksara bermakna

Kadangkala sakit karena faktor psikis lebih terasa berat daripada sakit karena faktor fisik.
Barangkali cara termudah meredakan sakitnya adalah mengungkapkan apa yang ditahan.

No Title

Aku rindu menyapamu dalam hening.

Seperti bertahun lalu setiap langit senja menguning.

Barangkali ada luka yang kutinggal di jendela.

Mana tahu ada salah membelah rasa.

Yang kutahu sekarang aku berdiri sendirian.

Memandangmu dari kejauhan dengan rasa asing.

Tak kuasa mengetuk pintu.

Hanya menunggu,

kalau-kalau kau berpaling dan tersenyum lagi padaku.

No Title

Aku rindu bertelanjang kaki menjejak tanah basah yang tertutup guguran daun pinus.

Mengerdipkan mata setiap kali jumpa dengan celah bercahaya di ujung-ujung kanopinya.

Mendulang udara yang sekian lama tak menyesaki paru-paruku yang kian menyempit oleh polusi kota.

Berada dalam kesunyian mistik alam.

Bersama bunyi-bunyian angin, cericit burung, dan lengkingan serangga-serangga liar.

Oh aku dimana sekarang?

Terenggut dari ruang keheningan.

perasaan yang tak terdefinisi

Sebuah genre perasaan yang tak terdefinisi itu saat : dia menangis lalu terdiam saat kau dekap, dia gelisah dalam tidur lalu terlelap saat kau dendangkan lagu, dia bersedih lalu segera tersenyum saat kau mendekat.

Saat keberadaanmu sangat penting baginya, saat usap lembutmu jadi penenang hatinya, saat senyummu jadi pengusir gundahnya.

Barangkali itulah kenapa kau rela begadang demi memberinya minuman terbaik, rela pakaianmu bau pesing karena nya, rela memberikan 'me time' mu untuk merawatnya.

Untuk perasaan tak terdefinisi itu kau menjadi : ibu.

#aksara bermakna

Best friends like a star.

Maybe I don't see you, but I believe you see me there.

Jumat, 16 Maret 2012

Cara Mudah Memasang Widget Musik di Blog

Ingin membuat blogmu semakin keren dengan alunan musik? Gampang banget caranya. Ikuti aja langkah-langkah berikut ini.

1. Buka http://widgetindex.blogspot.com/

Selain di web ini, kamu bisa cari web lain yang memberikan coding untuk musik.
tinggal search aja di google dengan keyword 'widget music untuk blog'. Tapi
biasanya saya cari coding di sini karena sudah lumayan lengkap pilihannya.

2. Dari blog tersebut pilih kategori di selelah kiri : music box

3. Pilih lagunya

4. Copy code html untuk lagu itu. biasanya ada di dalam box. contohnya code lagu Fuyu No Uta berikut :

Senin, 12 Maret 2012

Mengajak Anak-Anak Mengenal Serangga

Serangga adalah makhluk hidup yang unik. Ragam jenisnya sangat banyak. Juga mempunyai pengaruh yang besar bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Bahkan, ada salah satu cabang ilmu yang khusus mempelajari tentang seluk beluk serangga, yaitu entomologi.

Dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, khususnya biologi, entomologi menjadi bagian yang dipelajari bahkan sejak dari tingkat dasar. Sayangnya, seringkali entomologi sekedar menjadi pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjawab soal-soal dalam ujian. Padahal, peran pendidikan entomologi dalam kehidupan sehari-hari sangat penting.
Entomologi tidak hanya mempelajari tentang jenis, ciri, dan perilaku serangga. Lebih jauh lagi, entomologi juga berkembang luas sebagai entomologi terapan yang diaplikasikan pada berbagai bidang, seperti kedokteran, forensik, kehutanan, peternakan, dan pertanian. Entomologi memberikan pengetahuan tentang manfaat yang bisa diberikan serangga kepada manusia dan kerugian yang bisa ditimbulkan oleh serangga. Dengan demikian, serangga bisa dikelola dan dikendalikan secara efektif, efisien, dan proporsional agar kelestarian ekosistem tetap terjaga.

Mencicipi Lezatnya Belalang Goreng

Serangga Sebagai Alternatif Pangan Sumber Protein Hewani


Pernah mencicipi gurihnya belalang atau jangkrik goreng? Mungkin beberapa dari Anda mengerutkan dahi ketika mendapatkan pertanyaan tersebut. Namun siapa sangka serangga yang biasa kita temui ini mempunyai cita rasa yang lezat dan mulai digemari banyak orang dari berbagai kalangan. Tak cukup itu saja, kuliner serangga ternyata sudah menjadi makanan yang populer di beberapa negara. Mulai dari serangga yang lazim sampai yang ekstrim untuk dikonsumsi.

Di Australia dan Amerika Selatan, rayap dikonsumsi sebagai cemilan. Jangkrik menjadi makanan favorit di Cina dan Jepang karena rasanya yang gurih dan proteinnya yang tinggi. Orang Thailand menjadikan kutu air sebagai kudapan yang digemari. Begitu juga dengan belalang yang menjadi primadona di Meksiko. Di Papua Nugini, larva kumbang kelapa biasa disantap mentah ataupun matang. Sedangkan di Korea dan Vietnam, kepompong ulat sutera yang telah diambil benangnya juga dikonsumsi. Bagaimana dengan di Indonesia?

Berbagi : Haruskah Menunggu Memiliki Sesuatu?

Berbagi dengan Ilmu dan Amal

Kadang kala ketika manusia diminta untuk berbagi, ada yang mengelak, “Aku tidak punya apa-apa untuk diberikan.” Seolah untuk berbagi selalu dengan materi, uang atau barang. Padahal sesungguhnya Allah telah berbaik hati mengaruniakan banyak potensi kepada manusia. Untuk dirinya sendiri, juga untuk kemaslahatan orang lain. Kepada seorang perempuan sederhana aku belajar tentang nasehat kecil ini.

Terakhir aku bertemu dengannya, sudah bertahun yang lalu saat aku masih kuliah di Bogor. Aku tidak tahu persis siapa namanya, tetapi ia biasanya dipanggil Teh Dewi, sedangkan Dewi itu adalah nama anaknya.

Selasa, 07 Februari 2012

A Crystal Wall

Dulu,

Kita melihat dinding kristal yang menyekat demikian memikat

Tapi keindahannya mengalahkan keingintahuan apa yang ada di belakangnya

Kristal itu pun kita rubuhkan

Demi memenuhi panggilan jiwa

Seteru Rindu

Pemakaman Krapyak, 07.39

Hendra menatap lekat pria yang berdiri sendirian di tengah pemakaman. Entah makam siapa yang dikunjunginya. Hendra hanya heran, semakin berjalan ke dalam, ia semakin yakin pria itu berdiri tepat di makam yang ia tuju.

Kemejanya rapi, sebagian rambutnya memutih, dan tampaknya dia yang telah meletakkan seikat krisan di dekat nisan. Hendra berdiri di belakangnya dengan perasaan tak nyaman.

“Igun?”

Hukum Kekekalan Rasa

Barangkali, perasaan cinta itu seperti air yang tertampung di telaga hati. Ia akan diam dan tetap menjadi air selama bara tak nyala menghangatkan. Begitu ada panas yang meruap, cinta akan terkonversi menjadi uap yang menggelegak.

Namun sayangnya molekul uap punya kerapatan yang jauh lebih longgar daripada molekul air. Bila bara berhenti menghangatkan, molekul rasa semakin lama akan mendingin dan mengembun.

Embun yang luruh di pucuk-pucuk daun dan kembali tertampung di telaga hati. Kembali menyatu menjadi air. Menjadi cinta yang terpendam.

Karena itulah cinta selalu membutuhkan bara.

Seperti halnya hukum kekekalan energi, rasa cinta juga tak dapat
diciptakan atau dimusnahkan. Rasa cinta hanya dapat berubah dari bentuk
satu ke bentuk yang lain.

Mungkin sedang bertransformasi dari air menjadi uap atau dari uap menjadi embun. Lalu kembali pulang ke telaga hati. Dimana terkumpul rasa cinta yang lebih tulus : kasih sayang.

Hanya saja, perubahan ini adalah siklus kehidupan. Kita tak pernah tahu apakah rasa itu kembali menguap atau tetap terperangkap di kedalaman telaga.

Biarkan Dia yang bertitah kita mengamini saja.

Inspiring Short Movie : The Fantastic Flying Books of Mr. Morris Lessmore


Tidak ada dialog dalam film ini, hanya dengan iringan musik latar dan indah. Namun film animasi ini sungguh menyentuh

Berkisah seorang lelaki yang kotanya dilanda badai. Semua diterbangkan angin. Rumah, buku, dirinya, bahkan huruf-huruf yang tadinya dia goreskan dalam bukunya.

Minggu, 05 Februari 2012

Tutup usia

saat kenangan itu mulai menjauh dan tak tergapai,
aku menangis

dulu kebahagiaan begitu sederhana,
sekarang ia kehilangan makna

berdiri di depan cermin,
mengenali bayangan sendiri yang terasa asing

apa yang sesungguhnya terjadi?
tak adakah tanda yang bisa kumengerti?

atau inikah saatnya
mengucapkan selamat tinggal

pada hidup yang kian renta?


Monday, 11 May 2009

Syair Isyarat

bait pertama
... ... ... ...
... ... ... ...

bait kedua
,,, ,,, ,,, ,,,
,,, ,,, ,,, ,,,


?!? !?! ?!?
¿¡¿ ¡¿¡ ¿¡¿

*#@&@*#@%+*\¥¤@$.......

adakah yang mampu

mengartikan isyaratnya

menuliskan di lembar kertas hati

meninggalkan misteri


Sunday, 16 August 2009

Selamat Jalan

hari ini ada sekuntum mawar yang jatuh dari tangkainya

entah siapa yang telah gugur lepaskan nyawa

aku hanya ingin ucapkan selamat jalan

biar wangi mawar temanimu sampai akhir tujuan


*untuk korban kecelakaan pesawat TNI AD, semoga helicopter yg jatuh di Cianjur, menutup rangkaian kisah pilu ini
Thursday, 11 June 2009

Marching dreams

1
mendung tipis di langit
rintikkan gerimis di sabana hati
sirami rerumputan yang hampir mati
uapkan aroma tanah yang harum mewangi
meski singgah tak lama
selalu saja ia bisa
semaikan impian
saat logika enggan berkawan
gerimis…
telah menulis
bahwa harapan selalu ada untuk orang yang optimis

March Monologia

1
tak ada lagi bola mata yang biru
semua menjelma jadi kelabu
juga wajah-wajah merah jambu
telah memudar jadi abu-abu
apa yang terjadi pada hidup
jika hati slalu meragu
dan memilih tenggelam di palung kalbu
sunyi ...

Pagi Berkabung

Mereka bertanya, "siapa yang mati?"

Jawabku, "bukan siapa yang mati, tapi apa yang mati."

Mereka mencibir

Pergi tak mau tau

Meninggalkan aku dan kesunyian

"Apa yang mati?" gumamku

Ku jawab sendiri, "Hati, hati yang mati, hati kita telah mati."

Innalillahi wa inna ilaihi roji'un

Bukankah mata[hati]mu tak pernah menangis lagi?



-jum'at pagi ini-
(sebelum kabar ledakan 2 hotel ternama di jakarta)
Friday, 17 July 2009

#aksara bermakna

Pernah tersampaikan olehmu, jika aku rindu, pandangilah langit, lihatlah bumi.
Ingatlah bahwa kita masih berpijak di bumi yang sama, kita
masih bernaung di langit yang sama.
Itu artinya kita masih berada dalam satu dimensi ruang dan waktu, dan tiadalah kita terpisah jarak yang jauh.
Karena hati kita selalu bersapa dalam do’a.

Jumat, 03 Februari 2012

Februari

Bulan kedua yang paling aku suka setelah bulan agustus (iyalaah.. agustus sering dapet hadiah sih, hehe).

Kebetulan februari juga bulan ke dua di penanggalan masehi.

Juga karena jumlah harinya yang pendek, paling pendek di banding bulan yang lain.

Juga karena 'f' di februari. Enak disebut dan enak didengar.

Karena hujan masih setia turun di februari.

Karena inspirasi, entah kenapa, sering datang di pagi-pagi februari.

Karena banyak momen yang dimulai dan terjadi di februari.

Karena heran kenapa masih ada yang mengganti 'f' di februari dengan 'p' padahal jelas-jelas di kamus bahasa kita februari ditulis dengan 'f'.

Februari.. Februari.. Kejutan apa yang kau punya kali ini?^^


ditulis di Februari dua tahun yang lalu

Kopi dan Roti

Biar dingin menyapaku.
Mengusir udara masa lalu yang menyandera hatiku.

Sekali lagi, tercium aroma kopi yang baru saja diseduh.
Juga roti mentega yang baru saja dibakar di atas selembar daun pisang.

Hmm..
Hatiku tersandera kembali.
Pada alur tak berbingkai yang pernah menyesatkanku di labirin waktu.

Unutterable

Biarkan pelangi tumbuh bersama hujan
Bersama hati yang bergetar tak sanggup bicara

Ada luka, ada sesal, ada ragu yang membelit di pucuk-pucuk akasia
Juga perih yang berkompromi dengan pedih di kesunyian

Selasa, 31 Januari 2012

Penerbit Indonesia Tera

Anda tertarik untuk menulis buku? Indonesia Tera sangat terbuka dan mendukung Anda untuk mewujudkannya. Jangan ragu jika Anda belum pernah menulis buku sebelumnya. Jika naskah Anda memang layak untuk diterbitkan dan sesuai dengan kategori buku yang kami terbitkan maka redaksi kami akan menerima naskah Anda. Tapi tunggu dulu, baca persyaratan berikut sebelum mengirim naskah Anda ke redaksi kami.

Penerbit Tangga Pustaka

Tangga Pustaka menerima naskah dari penulis-penulis lokal. Naskah-naskah tersebut harus merupakan naskah asli, bukan saduran, maupun terjemahan. Untuk kategori non-fiksi, kami berminat pada naskah-naskah panduan (how-to) bersegmentasi psikologi, pengembangan diri, manajemen, dan bisnis.

Mengirim Naskah Ke Penerbit Pohon Cahaya

Penerbit Pohon Cahaya memiliki obsesi untuk menjadi penerbit buku bermutu. Anda bisa menjadi bagian dari sejarah perbukuan Indonesia dengan bergabung bersama kami sebagai penulis. Jangan sungkan untuk mengirimkan naskah terbaik Anda kepada kami. Pastikan bahwa naskah Anda memenuhi standar kami, yakni:

Menerbitkan Buku di MIC Publishing

Syarat Pengiriman Naskah

1. Non Fiksi
* Naskah nonfiksi yang dicari:
o Tips-tips sederhana sehari-hari:
- Cara memilih tahu
- Cara memilih ikan
- dll

Senin, 30 Januari 2012

Penerbit Sheila, Andi Publishing

Yang punya kumpulan cerpen dan novel remaja, kirim ke sini aja:

kirim naskahmu

- tema bebas asal tidak menyinggung SARA
- naskah yang sudah selesai di kirimkan dalam bentuk print out di kertas ukuran A4
- sertakan sinopsis
- sertakan biodata lengkap

Penerbit Era Intermedia

Penerbit Era Intermedia adalah Penerbit Buku-Buku Islam, di antaranya buku anak, buku motivasi, parenting, panduan ibadah, panduan pernikahan, dan sebagainya.

Persyaratan Naskah:

Minimal 150 halaman (225.000 karakter)
Ukuran Buku A5 (14,5 x 21 Cm)
Ukuran font 12

Kirim Naskah Ke Pro-U Media

Andakah salah satunya yang tertantang untuk mengirimkan naskah (asli atau terjemah) tentang:

1. Pengembangan diri (motivasi);
2. Pernikahan; keluarga; pengasuhan anak (parenting);
3. Pergerakan Islam (harakah);
4. Panduan praktis untuk kebutuhan sehari-hari;
5. Hikmah & kandungan ibadah;
6. Dunia remaja;

Rabu, 25 Januari 2012

Download Video dari Youtube

Sebenarnya ini bukan tentang blogging, lebih tepat info seputar internet saja, hehe...
Daripada bikin label baru, sekalian aja aku masukin di sini.

Cuma mau share pengalaman pribadi. Dulu sempat bingung pas mau download video dari youtube. Ya kalau mau buka via online terus, sinyal kadang byar pet, malah bikin bete. Akhirnya nemu cara paling gampang untuk nonton video youtube tanpa nunggu loading.

Buat yang udah tau, boleh melewatkan tips ini.
Buat yang belum tau, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

Pengajuan Naskah di Mizan Publishing House

Kriteria Pengajuan Naskah Non Fiksi
Per 1 Januari 2012

Kriteria naskah:

Isi naskah dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Naskah ditulis secara logis dan sistematis dan karya asli. Belum pernah dipublikasikan penerbit lain. Memiliki rujukan yang jelas. Memiliki orisinalitas atau kebaruan. Memiliki peluang pasar (marketabilitas) yang bagus. Tulisan utuh/padu (monograf), bukan kumpulan tulisan. Bukan karya ilmiah (skripsi, tesis, disertasi).

Sabtu, 21 Januari 2012

All About Maryamah Karpov-nya Andrea Hirata (3)

Di buku ini, bermunculan tokoh-tokoh lama dan tokoh-tokoh baru. Diceritakan di novel ini, nama orang-orang melayu yang biasanya panjang dan punya arti bagus. Tapi mereka juga gemar memberi nama julukan. Beberapa nama julukan juga lucu^^, Ini nama 51 tokoh (selain Laskar Pelangi) di novel Maryamah Karpov yang terpilih ditulis di blog (versi penulis blog^^,)

All About Maryamah Karpov-nya Andrea Hirata (2)

Pengetahuan baru apa yang disajikan Andrea Hirata untuk pembaca novel Maryamah Karpov?

Membaca novel-novel Andrea Hirata ini seperti membaca buku antrososiologi (hehe...istilah sendiri). Kali ini Andrea Hirata menuturkan beberapa kebiasaan suku-suku yang tinggal di Belitung, sikap bangsa-bangsa lain di Sorbonne, dan kajian ilmiah yang disuguhkan Lintang saat membuat perahu asteroid. Luar biasa deh.

All About Maryamah Karpov-nya Andrea Hirata (1)

Maryamah Karpov, Inilah Jawaban Atas Mimpi-Mimpi Sang Pemimpi

Rahasia
Kuberi tahu satu rahasia padamu, Kawan
Buah paling manis dari berani bermimpi
Adalah kejadian-kejadian menakjubkan
Dalam perjalanan menggapainya
(Ikal)

Hwaaa......aku seneng banget akhirnya bisa baca Maryamah Karpov. Makasih buat adekku yang udah susah payah pesenin buku diskonannya di book fair dan bawain sampai ke rumah =p
Rasanya udah ga sabar ’menonton’ sekuel novel filmis Andrea Hirata yang ke empat ini.

Sebuket Cinta Yang Layu

I
getar dawai yang kau petik mengingatkanku pada ritual cinta yang tak pernah tertinggal setiap aku kehilangan makna

mencarinya, mengingatnya, menyusunnya, merangkainya, mengikatnya, memenjarakannya dalam sel abu abu di kepalaku

pergi menjangkau makna yang tak pernah terejawantahkan lewat kata-kata

hanya sorot mata yang saling bertanya dan menjawab
dan dawaimu bergetar mengiringi senyap

Skenario Sesal Selamanya

I
Sudah sangat lama rasanya
tak lukihat seulas senyum
siluet bayanganmu berjalan menjauh
jangan salahkan aku,
bukan hati ingin menjemput penyesalan panjang
biar saja semua menjadi sejarah terkenang
karna aku pun tak pernah tahu telah mempersiapkan
sebuah skenario penyesalan
kisah yang membuatku tak bisa melangkah ke depan
sudah lama rasanya
tapi tak jua aku bisa berhenti menyesal

Menabung Kelelahan di Ujung Usia

I
rasanya sudah tak sanggup lagi mengeja hari
melangkahkan kaki menjejak ke bumi
kalau boleh, kadang kala aku ingin berhenti
langit biru dan udara pagi
tak bisa lagi melegakan hati
rintik gerimis dan sejuk hujan
tak bisa lagi mendinginkan pikiran
pemandangan hijau dan sinar mentari
tak cukup menerangi jalan
aku tersesat, aku hanya ingin kembali pulang

A Value From Home Alone 2

Aku sering nonton film.
Kadang-kadang di film itu, aku menemukan dialog yang bagus, wise words, atau wise acts.
Tapi karena fokus nonton, semua itu jadi terlewatkan.
Kadang ingat detail kata-katanya, kadang ingat intinya, kadang malah nggak ingat sama sekali, hehehe...
Padahal semua itu bisa jadi perenungan buat diri kita.

Nah, semalem, kebetulan aku cuma berdua sama adikku di rumah.
Ga ada acara TV yang menarik, adikku ngajakin nonton Home Alone 2.
Pada tau kan, film jadul yang udah sering banget diputer di TV.
Sebenernya bosen juga sih, soalnya udah agak apal alur ceritanya.

Pas sampai awal disk 2, aku baru sadar kalo ada dialog bagus antara tokoh utama, si Kevin McCallister yang diperanin sama Macaulay Culkin sama wanita tua yang suka dikerubutin merpati.
Gini dialognya :

Malaikat vs Manusia vs Syetan

Malaikat adalah cerminan dari segala sifat positif, sifat baik, sifat terpuji. Bila disimbolkan dengan warna, maka putih adalah warna yang tepat untuk mewakilinya.

Kebalikan dari malaikat, syetan adalah cerminan dari segala sifat negatif, sifat buruk, sifat tercela. Warna hitam biasa digunakan sebagai simbol untuk menggambarkan karakter ini.

Lalu kira-kira apa warna manusia? Manusia adalah makhluk dualisme yang berada di tengah-tengah karakter positif dan negatif. Untuk tahu warna manusia, mudah saja. Tinggal kita campur warna putih malaikat dan warna hitam syetan, jadilah abu-abu.

Barefoot Gibong, Sebuah Film Tentang Bakti Anak Pada Ibu

“Barefoot Gibong”
an inspiring film to get the mean of loving our mother sincerely
-based on true story-

Namanya Gibong, anak besar berusia 40 tahun yang mengalami cacat karena demam tinggi yang pernah dideritanya saat umur 8 tahun. Gibong, seorang anak lelaki yang tinggal di sebuah dataran tinggi di Korea berdua dengan ibunya di sebuah rumah yang kecil dan sederhana. Ia sangat sayang pada ibunya. Ia membantu ibunya dan menggendong ibunya kemana saja setiap ibunya tak kuat berjalan lagi karena sakit.

Merpati Di Trafalgar Square (Kumpulan Cerpen)

Judul Buku : Merpati Di Trafalgar Square (Kumpulan Cerpen)

Penulis : Weka Gunawan

Penerbit : Grasindo

Halaman : 140

Tanda Baca

titik telah mengakhirkan petualanganku menjejaki koma, tanda tanya, tanda seru, tanda petik, dan mengantarkan aku pada satu akhir yang tak terpahami. hanya satu kata : MENGAPA.

aku bukan malaikat. dan aku tak punya sayap.
aku hanya terpikat. lalu berdoa penuh harap
semoga engkau bersedia dekat^^

No Title

tinggalkan jejakmu di sini, di udara…

agar saat mataku tak dapat lagi melihat

dan telingaku tak dapat lagi mendengar

aku masih dapat mengenalimu

dari aroma segar tanah yang baru tersiram hujan

atau aroma rerumputan yang baru saja dipotong

atau aroma roti yang kita bakar bersama di malam yang dingin itu…

hingga selalu ada kau,

sampai di nafas terakhirku

Episode Luka

I
berdiri di lembayung aku terhuyung
katamu aku terlalu biru mengelabu
lalu aku duduk di tepian jingga
menolak semua bahagia yang ditawarkan luka
sungguh lukanya luka telah meluka di hati yang terluka

No Title

pulanglah ke hatiku,
karena di sanalah rumah hatimu

pulanglah ke jiwaku,
karena dari sanalah jiwamu berasal

kembalilah ke dalam kalbuku,
temui separuh dirimu yang lama kau tinggalkan

kemudian bernafaslah dengan paru-paruku,
hiduplah dengan jantungku,
melihatlah dengan mataku,
mendengarlah dengan telingaku,
berjalanlah dengan kakiku.

karena sejak hari itu,
kita adalah satu.

Drama Kehidupan

di sekolah dasar, anak anak bertengkar
murid sekolah menengah asyik tawuran dengan sesamanya
mahasiswa beradu kekuatan saling baku hantam di jalanan
yang berkantor di gedung megah pun tak mau ketinggalan, beradu mulut sampai beradu kursi, untung tak ada meja yang melayang
di rumah-rumah, suami istri cekcok sepanjang hari
bahkan dalam tidurpun, mimpi berkelahi dengan saudara sendiri karena materi

Episode Kenang

I
aku menghitung waktu
yang semakin lama semakin menjauhiku
mengirimkan jarak pada satu fragmen yang tak mampu aku rengkuh
fragmen itu ku beri nama : kenangan.

No Title

haruku terperangkap di relung
memekarkan putik-putik kembang harapan
dengan apa harus kubalas setiap nano kebaikanMu yang tak terhitung
sedang semua yang melekat hanyalah pinjaman

Allahu robbi,
letakkanlah cahayaMu dihatiku
agar aku selalu tahu kemana aku harus pulang

Bercermin Pada Cermin

Kawan, senangkah engkau mempunyai sahabat yang lemah lembut, pandai menyimpan rahasia, tidak pilih kasih, setia setiap saat, sabar dan jujur?
Sebelum berharap mendapatkan sahabat dengan sifat yang baik, tentunya kita pun harus menjadi sahabat yang baik terlebih dahulu, bukan?
Cermin, ternyata telah lama menunjukkan caranya pada kita.
Hanya saja, terkadang kita tak menyadarinya. Mari sejenak bercermin pada cermin, belajar sifat-sifat baiknya sebagai seorang sahabat. Apa sajakah itu?

SEPULUH, Salah Satu Novel Gagasmedia

SEPULUH adalah novel adaptasi dari film yang digarap oleh D. Soeriapoetra (story by Henry Riady) yang ditulis oleh Ruwi Meita. Novel ini mengisahkan tentang perjuangan seorang ibu dan perjuangan seorang anak jalanan yang ditulis dengan sinergis. Nilai-nilai moral yang ada di dalam novel ini cukup sarat. Deskripsi lokasi dan situasi juga cukup kuat. Penulisannya yang deskriptif naratif, membuat membaca novel ini serasa sedang menonton filmnya.

Tokoh sentral dalam cerita ini adalah Yanti, Mongki, Dargo, dan Thomas. Yanti adalah seorang perempuan yang teraniaya oleh Adit, suami yang dinikahinya tanpa restu orang tua. Adit membuat hidupnya semakin pahit setelah meninggalkan kewajibannya, menjual putri mereka demi narkoba, bahkan memfitnahnya Yanti sehingga Yanti terpaksa mendekam 10 tahun di pejara untuk kesalahan yang tak pernah dilakukannya. Sekeluar dari penjara, yanti berusaha mencari keberadaan Mira, anak yang sudah dijual suaminya.

Yang Mana Karaktermu?

Aku cukup tertarik pada hal-hal yang berkaitan sama karakter manusia. Banyak ahli yang mengklasifikasikan karakter-karakter manusia berdasarkan tes-tes psikologi atau seperti yang satu ini : posisi sebagai anak dalam keluarga. Ada anak sulung, anak tengah, anak bungsu, dan anak tunggal (sulung sekaligus bungsu).

Kalau menurutku tidak selalu anak yang lahir pertama punya kerakter anak sulung, bisa aja malah karakternya anak bungsu. Begitu juga sebaliknya. Ketika manusia tumbuh, karakter itu tidak cuma dipengaruhi oleh urutan kelahiran, tapi juga lingkungan sekitar yang membentuknya. Makanya jangan kaget ketemu kakak yang lebih manja dari adiknya atau ketemu adik yang lebih dewasa dari kakaknya.

Walaupun begitu, ga ada salahnya untuk tahu karakter seseorang berdasarkan urutan kelahirannya. Ini bukan ramalan lho, tapi berdasarkan ilmu psikologi. Siapa tahu ada yang cocok sama diri kamu, jadi kamu bisa lebih tahu tentang diri kamu sendiri, saudara kamu, atau anak kamu (yang udah punya anak^^). Tahu juga bagaimana menghadapi orang dengan karakter tersebut.

Mimpi Yang Tak Usai

Kawan, pernah ga kalian bermimpi tapi kemudian terputus karena tiba-tiba kamu terbangun? Gimana rasanya?

Aku pernah mengalaminya. Udah agak lama, aku lupa juga detail cerita di mimpi itu. Yang masih kuingat, di mimpiku aku berantem dengan seorang teman (yang sampai sekarang aku juga ga tau pasti teman dimimpiku itu siapa, pokoknya dia temanku). Aku marah padanya karena suatu kesalahan. Pada akhirnya aku tahu kesalahan itu bukan disebabkan olehnya. Semua cuma salah faham aja. Kemudian aku bermaksud untuk minta maaf, tapi kucari kemana-mana temenku itu ga ada. Belum sempet menemukannya untuk minta maaf, tiba-tiba aku terbangun. Hmm...Rasanya nyesel banget. Kalo bisa nerusin mimpi itu lagi, aku pengen cari dia sampe ketemu dan menyampaikan maaf.

Antara Ultraman, Doraemon, dan Tom and Jerry

Beberapa waktu lalu aku dapat undangan reuni dari temen-temen lama di masa aku kecil. Mereka temen maenku. Ada Ultraman, Doraemon, Tom and Jerry, mereka semua sangat mengharapkan aku bisa hadir. Sayangnya aku ga bisa datang dan ga tau kabar terakhir mereka apakah masih jadi artis atau udah pensiun.

Hehehe...paragraf di atas cuma fiksi....khayalan tingkat rendah (bukan Khayalan Tingkat Tingginya Peterpan) seseorang yang pernah menjadi anak-anak.

Caping Gunung

ndek jaman berjuang
njur kelingan anak lanang
mbiyen tak openi
ning saiki ana ngendi

jarene wis menang
keturutan sing digadang
mbiyen ninggal janji
ning saiki apa lali

ning nggunung tak cadhongi sego jagung
yen mendung tak silihi caping gunung
sukur bisa nyawang
gunung desa dadi reja
dene ora ilang
nggone pada lara lapa

Ketika Harus Kehilangan

Kehilangan sesuatu yang tadinya kita anggap milik kita, memang nggak enak banget. Dan hari ini saya mengalaminya.

Mungkin bukan kerugian materi yang harus saya tanggung. Tapi yang namanya kehilangan tetep aja bikin gimanaaaa gitu.

Reuni Bakso Ojek, Kueh Lekker, Dan Srabi Gantol

Beberapa waktu lalu, seorang penjual jajanan keliling lewat di dekat rumahku. Aku hafal betul siapa dia, walaupun tak pernah tahu siapa namanya. Dia adalah sahabat masa kecilku, ketika aku masih SD. Dulu, aku dan kawan-kawan sekolahku memanggilnya ‘Lek’. Dia adalah bapak penjual bakso ojek. Kenapa namanya bakso ojek? Aku juga tidak tahu, dari dulu sudah disebut begitu.
Bakso ojek ukurannya kecil, sekitar sebesar kelereng. Bahan pembuatnya mungkin campuran tepung terigu dan pati, mungkin, aku tidak tahu pasti dan belum pernah bertanya. Yang pasti baksonya gurih dan tidak terlalu kenyal. Yang bikin makin enak adalah bumbu kacangnya. Hmm…pokoknya bikin nagih deh rasanya…Dulu seratus rupiah dapat 5 bakso, sekarang seratus dapet 1 biji bakso kali ya?

Setelah aku lulus SD, aku jarang beli bakso ojek. Tapi setiap kali ketemu, hampir selalu beli. Itupun kalau bakso ojeknya masih. Ada sih, penjual bakso ojek yang lain, tapi bakso ojek punya ’Lek’ ini, menurutku memang yang paling enak. Sayangnya, pas lewat di dekat rumahku waktu itu, baksonya udah habis.

Harmoni Februari Pagi

1
di hutan rasamala
kerumun daun pinus berderak
meneteskan air cinta dari pucuk-pucuknya
menyanyikan mars kehidupan bersama kicau pipit dan anak-anaknya

dalam...
kuhirup udara

tertabur bahagia di pagi merona

Jatuh Hati VS Patah Hati

Apa yang dirasakan seseorang saat jatuh? Secara spontan, kebanyakan orang menjawab, ”Sakit.” Entah itu jatuh dari motor, jatuh dari kursi, jatuh dari pohon, jatuh dari tangga, jawabannya sama. Bagaimana pula kondisi sesuatu saat mengalami peristiwa patah? Sebagian orang menjawab rusak, sebagian lagi berkata hancur. Tapi apa yang terasa, saat yang rusak atau hancur itu terjadi pada bagian tubuh seseorang? Kebanyakan memberikan jawaban, “Sakit.” Jadi kesimpulannya apa yang dirasakan oleh seseorang saat mengalami peristiwa jatuh atau patah adalah sama. Sama-sama sakit.

Cinta Bulan Separo

cintaku selalu purnama

berkilau di gelap langit malam

berkawan bintang gemintang

setia di terbit dan tenggelam

tak peduli tanggal muda atau tua

cintaku selalu purnama

Masalah : Diselesaikan atau Dibiarkan?

Masalah adalah bagian dari kehidupan yang tidak mungkin tidak dialami oleh setiap orang yang hidup. Ada dua pilihan dalam menyikapi permasalahan : menyelesaikan atau membiarkan. Apa bedanya?

Kalau masalah diibaratkan dengan air sungai, maka menyelesaikan masalah terkadang seperti menghadapi ngarai di ujung sungai, memberikan kejutan diakhirnya karena harus terjun dari ketinggian. Tapi setelah itu, apa yang ditemukan? Biasanya, air terjun akan berhenti di danau yang airnya tidak mengalir kemnaana-mana lagi. Artinya, masalah memang benar-benar selesai. Tapi tidak semua air terjun demikian akhirnya. Ada juga yang mengalir lagi di aliran sungai yang lebih panjang. Menyelesaikan masalah kadang memberikan shock terapi untuk psikologi seseorang. Tapi tenang saja, efeknya cukup baik kalau bisa melewatinya.

P.S. I Love You written by Cecilia Ahern

Ada yang udah pernah baca novel ini?
Atau nonton filmnya?
Gimana?
Bagus nggak?

Aku belum pernah nonton film ini, tapi banyak yang bilang bagus.
Kemarin adikku sempet pulang sebentar dan bawa buku ini ke rumah.

Tadinya aku malas baca karna pasti ga akan selesai, tapi pas baca tulisan yang ada di sampul belakang buku, aku memutuskan membacanya walau ga semua bisa kebaca.

Tulisan yang eye-catching itu berbunyi
”ingatlah semua kenangan manis kita,
Tapi kumohon, jangan takut menciptakan kenangan-kenangan baru”

Dan kata-kata ini cukup berarti buatku^^,

Jumat, 20 Januari 2012

Bukune Publishing Mencari Penulis Novel Romance

Syarat :

1. Jenis novel yang diterima: novel romance (remaja/dewasa) & novel inspiratif. Min. 75 hlm, 1 spasi. TimesNewRoman.

2. Khusus Novel Romance Bukune, bisa via pos ke alamat redaksi/langsung via email widyawati.oktavia@gmail.com. Sertakan sinopsis.

3. Kalau via email, kirim dengan Subjek: #NovelRomanceBukune. Waktunya tidak dibatasi, sama seperti penerimaan naskah lain. Sertakan biodata juga ,jangan lupa :)

4. Redaksi akan mereview naskah yg dikirimkan. Diterima/ditolak, kamu akan dihubungi (maksimum 1 bulan sejak naskah diterima)

5. Oh, ya, sama seperti di email, kalau kirim naskah via pos, jgn lupa juga tulis keterangan di kiri kanan atas amplop kamu ya #NovelRomanceBukune

6. Novel ini dibedakan dengan novel komedi ya. :) cek novel romance yg udah terbit di web kami ya. Ada Hati Memilih & Menemukanmu

7. Tapi, Bukune jugamasih menerima novel komedi kok. Kalau untuk novel komedi, pelit, komik, nonfiksi, cek di web ya cara kirimnya (masih sama seperti dulu).

8. NovelRomanceBukune ini memang cerita cinta, cerita yang manis kok. dibedakan dengan novel komedi yanggokil2an. :)

9. Buat yg ngirim nskah #NovelRomanceBukune via email kirim dalam bentuk PDF saja

Info dari sini

Penerbit Indiva Media Kreasi

Bagi teman-teman yang memiliki naskah dengan segmen perempuan, remaja dan anak, silahkan menulis di Penerbit Indiva Media Kreasi. Kami menerima naskah dengan tema:

1. Fiksi dewasa/remaja (bukan kumcer)
2. Motivasi
3. Pernikahan/ rumah tangga
4. Parenting

Kamis, 12 Januari 2012

Cara Kirim Naskah Ke Diva Press

Naskah Fiksi (Tema bebas)

* Menyertakan sinopsis cerita dan biodata lengkap (termasuk nomor yang dapat dihubungi)

* Tidak ada batasan ketebalan naskah, kertas A4, spasi 2, font Times New Roman ukuran 12, batas margin kanan 4 cm, kiri 3 cm, atas 4 cm, dan bawah 3 cm.

Selasa, 10 Januari 2012

A Touching Film In Ends of 2011 : Hafalan Shalat Delisa


Novel Hafalan Shalat Delisa (HSD) sudah saya khatamkan bertahun lalu saat saya masih jadi mahasiswa. Novel yang sangat ‘touching’. Bikin air mata menggenang bahkan meleleh. Bertahun kemudian, novel ini juga saya rekomendasikan kepada suami. Malah akhirnya dia jadi penggemar berat buku-buku tulisan pengarang yang sama. Hampir semua novel yang sudah diterbitkan Tere Liye dia koleksi, hehehe …



Begitu kami mendengar novel HSD akan difilmkan, kami langsung menyambut antusias. Tak sabar rasanya menanti film ini diputar di layar bioskop. Penasaran dengan pemain dan visualisasi yang akan ditampilkan. Beruntung kami sudah pindah ke Malang, jadi bisa memastikan kami bisa nonton di bioskop. Kalau masih di Manado, belum yakin akan diputar. Apalagi kalau di Rembang, bioskopnya aja ga ada, hihihi …



Film HSD diputar tanggal 22 Desember 2011 pas di Hari Ibu. Setelah memastikan jadwalnya, main di bioskop mana dan jam berapa, kami nonton hari itu juga. Di hari pertama pemutaran film dengan semangat 45 (lebay^^). Finally, begitu keluar dari bioskop, suami mesam-mesem karena mata saya sedikit sembab dan hidung senggrak-senggruk.

Cinta Mewangi di Mekarwangi

Bakti Sosial BEM Fakultas Bahasa di Desa Mekarwangi mempertemukanku dengan Bu Sari. Sekilas tak ada yang istimewa dari wanita paruh baya itu. Tak kusangka dialah yang merintis pendirian Panti Asuhan Mekarwangi. Wajahnya mungil penuh welas asih. Tubuhnya tak gemuk, tak juga kurus. Yang paling khas darinya adalah senyuman yang tulus.

Dari mana aku tahu senyumannya tulus? Tentu saja dari interaksiku dengannya. Ya. Sejak baksos itu, aku rajin berkunjung ke panti. Aku menjadi salah satu tenaga sukarela di sana. Aku mengajar Bahasa Inggris.

Melihat anak-anak di panti, aku seakan melihat pada sebuah cermin. Bagaimana tidak? Apa yang mereka alami juga aku rasakan, terutama di bagian tidak punya orang tua lagi. Ibuku meninggal saat melahirkan aku, ayahku meninggal beberapa tahun yang lalu. Aku sebatang kara tanpa saudara. Mungkin karena itulah hatiku serasa ikut tinggal di panti asuhan ini. Mencari kasih sayang saudara, terutama orang tua seperti Bu Sari.

Cinta dalam Secangkir Kopi

Ayahku seorang pecandu kopi. Tapi itu dulu, sekarang tidak lagi. Kini ia hanya menjadi penikmat kopi. Bukan karena ia mulai khawatir dengan kesehatannya jika terus-terusan meminum kopi. Tapi karena ada rasa ngilu menanggung rindu pada pembuat kopi ternikmat. Almarhumah Ibu.


Setahun awal kehilangan Ayah terkurung kepedihan. Sehingga membuatnya takut menikmati secangkir kopi. Mungkin terlalu banyak merenung dan memperoleh nasehat dari dirinya sendiri, Ayah berangsur-angsur menemukan hidupnya kembali. Ayah mulai mau banyak bicara, mulai kembali pada aktivitasnya bersepeda bersama perkumpulan lansia, dan sesekali mau meminum kopi yang kubuatkan.

Tips Agar Menang Lomba Menulis Flash Fiction

Seiring dengan semakin populernya flash fiction, banyak sekali diadakan kompetisi menulis flash fiction. Mulai dari kompetisi lokal di jejaring sosial facebook sampai di ajang yang bertaraf internasional. Mulai dari berhadiah pulsa, buku, dibukukan, sampai uang jutaan rupiah. Wow, menarik bukan?

Untuk menjadi pemenang, tentu bukan hal mudah. Banyaknya pesaing menuntut kita mempunyai strategi untuk minimal menembus nominasi. Tulisan berikut ini akan mengulas tips-tips memenangkan lomba menulis flash fiction. Apa saja? Simak ya!

#aksara bermakna


Perpisahan adalah pasangan sejati setiap pertemuan yang niscaya akan terjadi. Jika bukan kita yang meninggalkan, kita yang akan ditinggalkan. Entah untuk waktu sementara atau selamanya.

Dalam hidup, memilih adalah sebuah aktivitas yang tak bisa dihindari. Bahkan ‘tidak memilih’ juga merupakan sebuah pilihan dan setiap pilihan selalu punya konsekuensi tersendiri. Pilihan, membuat kehidupan seseorang menjadi unik –episode ujian : multiple choice-