Rabu, 06 Juni 2012

Bijak Memilih Asupan Makanan

Batasi Konsumsi Lemak dan Minyak 

Makananlah makanan sumber lemak seperempat dari kecukupan energi. Lemak menghasilkan kalori yang besar dan lama untuk dicerna. Terlalu banyak mengkonsumsi lemak juga terbukti kurang baik bagi kesehatan. Komposisi konsumsi lemak yang dianjurkan adalah 2 bagian makanan yang mengandung sumber lemak nabati dan 1 bagian mengandung sumber lemak hewani. 

Pilihlah sumber lemak yang mengandung asam amino tidak jenuh, seperti yang banyak terdapat pada ikan dan kacang-kacangan. Asam amino tidak jenuh bermanfaat bagi tubuh dan mengurangi resiko hipertensi atau kolesterol.


Perbanyaklah Makan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral alami yang sangat baik. Selain itu, keduanya juga banyak mengandung serat yang sangat bermanfaat dalam melancarkan proses pencernaan. Janganlah mengolah buah dan sayuran dengan pemanasan yang terlalu lama karena dapat merusak nutrisi di dalamnya.

Seringkali kita menemui larangan mengkonsumsi buah sebelum makan. Larangan ini mungkin hanya berlaku bagi penderita maag karena keasaman buah dapat memicu kekambuhan. Tetapi bagi orang yang tidak mempunyai masalah lambung, disarankan mengkonsumsi buah atau jus buah 30-60 menit sebelum makan. Vitamin yang masuk dalam perut yang masih kosong akan lebih mudah terserap jika dibandingkan dengan saat perut sudah penuh dengan makanan yang membutuhkan proses pencernaan lama. 


Bisa dibaca di sini 

0 komentar:

Posting Komentar