Rabu, 06 Juni 2012

Tips Belanja Makanan Kemasan

Setiap kali Anda berbelanja makanan yang sudah dikemas, selalu perhatikan label pada kemasan tersebut. Beberapa hal yang perlu Anda cermati ketika berbelanja adalah sebagai berikut :

1. Label halal

Sebagai seorang muslim, hal pertama sebelum mempertimbangkan membeli makanan adalah halal. Karena itu, utamakan mencari label tersebut pada kemasan pangan yang akan Anda beli untuk memastikan jaminan kehalalannya.

2. Kondisi kemasan

Pilihlah produk yang dengan kemasan yang masih utuh dan baik. Susu kotak atau botol yang menggembung menunjukkan telah terjadi kontaminasi mikroba, begitu pula dengan produk kaleng. Makanan dalam kemasan plastik yang rusak terpapar udara luar sehingga mempunyai aroma yang tidak sedap (tengik) atau sudah melempem. Pastinya sebagai konsumen Anda ingin yang terbaik, bukan? Karenanya, telitilah sebelum membeli.

3. Komposisi

Perhatikan komposisi makanan yang Anda beli. Perhatikan apakah mengandung bahan yang berbahaya. Apakah mengandung pengawet dalam jumlah yang aman? Apakah menggunakan pewarna yang tidak berbahaya, dan sebagainya. Perhatikan juga apakah kandungannya sesuai dengan kebutuhan gizi Anda atau tidak.

4. Tanggal kadaluarsa

Makanan yang lewat tanggal kadaluarsa tidak layak untuk dimakan. Makanan kadaluarsa dapat berpotensi membahayakan kesehatan, misalnya menyebabkan diare, alergi, atau keracunan. Karena itu, pastikan Anda mengecek tanggal kadaluarsa produk yang akan dibeli. Tentu Anda tak ingin membahayakan diri sendiri atau keluarga dan mengambil resiko dengan mengabaikan aspek ini.


Baca juga di sini 

2 komentar:

Irham Maulana mengatakan...

Benar sekali, 4 poin di atas sangat penting. Mulai dari label dan informasi makanan hingga kondisi Dus Makanan merupakan faktor penting juga.

Dhani Setiyono mengatakan...

betul sekali. terimakasih sudah mampir. saya tengok dus di greenpack oke2 desainnya :)

Posting Komentar