Rabu, 06 Juni 2012

Konsumsi Aneka Ragam Makanan

Seimbangkanlah makanan Anda dengan berupaya memenuhi kebutuhan akan zat gizi dasar setiap kali makan. Zat gizi dasar terdiri atas zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur.

Makanan sumber zat tenaga dibutuhkan untuk memberikan energi yang dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari. Dapat diperoleh dari makanan seperti beras, jagung, gandum, ubi kayu, ubi jalar, kentang, sagu, roti, mi, dll. Selain dari makanan yang kaya karbohidrat, makanan berlemak seperti minyak, margarain dan santan juga dapat menghasilkan tenaga. 


Makanan sumber zat pembangun berperan sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan seseorang. Dapat berasal dari bahan makanan nabati seperti kacang-kacangan, tempe tahu atau dari makanan hewani seperti telur, ikan, ayam, daging, susu serta hasil olahan seperti keju. Bagi vegetarian, konsumsi protein nabati harus lebih banyak karena protein nabati mempunyai daya cerna yang lebih rendah daripada protein hewani. Ada baiknya mengkonsumsi baik protein nabati dan hewani karena terkadang keduanya mengandung jenis asam amino yang berbeda, terutama asama amino esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh.

Makanan sumber zat pengatur berperan untuk melancarkan bekerjanya fungsi organ tubuh. Zat pengatur seperti vitamin dan mineral banyak terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan. 

Janganlah membiasakan mengkonsumsi suatu jenis makanan saja dalam waktu yang lama karena dapat menyebabkan kekurangan gizi dan menimbulkan penyakit karena ketidakseimbangan gizi.


Bisa dibaca di sini

0 komentar:

Posting Komentar