Rabu, 06 Juni 2012

Berenergi dengan Sarapan Pagi


Sarapan pagi tidak hanya penting untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa. Kebiasaan menghindari sarapan dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, merupakan kekeliruan yang dapat mengganggu kondisi kesehatan. Anda membutuhkan energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Sarapan dapat memelihara ketahanan fisik, mempertahankan daya tahan saat bekerja dan meningkatkan produktivitas kerja. Sarapan pagi dapat meningkatkan konsentrasi dalam belajar dan bekerja.

Kebiasaan sarapan juga membantu seseorang untuk memenuhi kecukupan gizinya sehari-hari. Jenis hidangan untuk makan pagi dapat dipilih dan disusun sesai dengan keadaan. Namun sangat disarankan terdiri dari menu lengkap yang mengandung sumber zat tenaga, sumber zat pembangun dan sumber zat pengatur.

Seseorang yang tidak sarapan memiliki risiko menderita gangguan kesehatan berupa menurunnya kadar gula darah dengan tanda-tanda antara lain : lemah, keluar keringat dingin, pusing, kesadaran menurun bahkan pingsan. Hal ini terjadi karena Anda kekurangan energi. Karena itu jangan sampai melewatkan sarapan.

Jika Anda ingin diet, hindarilah menu makan malam yang berat. Saat malam, produktivitas kerja pencernaan menurun. Makan terlalu banyak, apalagi kaya lemak, di malam hari, membuat pencernaan Anda bekerja terlalu berat dan program diet Anda gagal.

Karena itu, mulailah kebiasaan sarapan pagi bagi keluarga Anda. Bila tak sempat sarapan di rumah, sediakanlah bekal yang bisa dimakan di perjalanan, di kantor, atau di sekolah.


Bisa juga dibaca di sini 

0 komentar:

Posting Komentar