Selasa, 31 Januari 2012

Penerbit Indonesia Tera

Anda tertarik untuk menulis buku? Indonesia Tera sangat terbuka dan mendukung Anda untuk mewujudkannya. Jangan ragu jika Anda belum pernah menulis buku sebelumnya. Jika naskah Anda memang layak untuk diterbitkan dan sesuai dengan kategori buku yang kami terbitkan maka redaksi kami akan menerima naskah Anda. Tapi tunggu dulu, baca persyaratan berikut sebelum mengirim naskah Anda ke redaksi kami.

Penerbit Tangga Pustaka

Tangga Pustaka menerima naskah dari penulis-penulis lokal. Naskah-naskah tersebut harus merupakan naskah asli, bukan saduran, maupun terjemahan. Untuk kategori non-fiksi, kami berminat pada naskah-naskah panduan (how-to) bersegmentasi psikologi, pengembangan diri, manajemen, dan bisnis.

Mengirim Naskah Ke Penerbit Pohon Cahaya

Penerbit Pohon Cahaya memiliki obsesi untuk menjadi penerbit buku bermutu. Anda bisa menjadi bagian dari sejarah perbukuan Indonesia dengan bergabung bersama kami sebagai penulis. Jangan sungkan untuk mengirimkan naskah terbaik Anda kepada kami. Pastikan bahwa naskah Anda memenuhi standar kami, yakni:

Menerbitkan Buku di MIC Publishing

Syarat Pengiriman Naskah

1. Non Fiksi
* Naskah nonfiksi yang dicari:
o Tips-tips sederhana sehari-hari:
- Cara memilih tahu
- Cara memilih ikan
- dll

Senin, 30 Januari 2012

Penerbit Sheila, Andi Publishing

Yang punya kumpulan cerpen dan novel remaja, kirim ke sini aja:

kirim naskahmu

- tema bebas asal tidak menyinggung SARA
- naskah yang sudah selesai di kirimkan dalam bentuk print out di kertas ukuran A4
- sertakan sinopsis
- sertakan biodata lengkap

Penerbit Era Intermedia

Penerbit Era Intermedia adalah Penerbit Buku-Buku Islam, di antaranya buku anak, buku motivasi, parenting, panduan ibadah, panduan pernikahan, dan sebagainya.

Persyaratan Naskah:

Minimal 150 halaman (225.000 karakter)
Ukuran Buku A5 (14,5 x 21 Cm)
Ukuran font 12

Kirim Naskah Ke Pro-U Media

Andakah salah satunya yang tertantang untuk mengirimkan naskah (asli atau terjemah) tentang:

1. Pengembangan diri (motivasi);
2. Pernikahan; keluarga; pengasuhan anak (parenting);
3. Pergerakan Islam (harakah);
4. Panduan praktis untuk kebutuhan sehari-hari;
5. Hikmah & kandungan ibadah;
6. Dunia remaja;

Rabu, 25 Januari 2012

Download Video dari Youtube

Sebenarnya ini bukan tentang blogging, lebih tepat info seputar internet saja, hehe...
Daripada bikin label baru, sekalian aja aku masukin di sini.

Cuma mau share pengalaman pribadi. Dulu sempat bingung pas mau download video dari youtube. Ya kalau mau buka via online terus, sinyal kadang byar pet, malah bikin bete. Akhirnya nemu cara paling gampang untuk nonton video youtube tanpa nunggu loading.

Buat yang udah tau, boleh melewatkan tips ini.
Buat yang belum tau, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

Pengajuan Naskah di Mizan Publishing House

Kriteria Pengajuan Naskah Non Fiksi
Per 1 Januari 2012

Kriteria naskah:

Isi naskah dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Naskah ditulis secara logis dan sistematis dan karya asli. Belum pernah dipublikasikan penerbit lain. Memiliki rujukan yang jelas. Memiliki orisinalitas atau kebaruan. Memiliki peluang pasar (marketabilitas) yang bagus. Tulisan utuh/padu (monograf), bukan kumpulan tulisan. Bukan karya ilmiah (skripsi, tesis, disertasi).

Sabtu, 21 Januari 2012

All About Maryamah Karpov-nya Andrea Hirata (3)

Di buku ini, bermunculan tokoh-tokoh lama dan tokoh-tokoh baru. Diceritakan di novel ini, nama orang-orang melayu yang biasanya panjang dan punya arti bagus. Tapi mereka juga gemar memberi nama julukan. Beberapa nama julukan juga lucu^^, Ini nama 51 tokoh (selain Laskar Pelangi) di novel Maryamah Karpov yang terpilih ditulis di blog (versi penulis blog^^,)

All About Maryamah Karpov-nya Andrea Hirata (2)

Pengetahuan baru apa yang disajikan Andrea Hirata untuk pembaca novel Maryamah Karpov?

Membaca novel-novel Andrea Hirata ini seperti membaca buku antrososiologi (hehe...istilah sendiri). Kali ini Andrea Hirata menuturkan beberapa kebiasaan suku-suku yang tinggal di Belitung, sikap bangsa-bangsa lain di Sorbonne, dan kajian ilmiah yang disuguhkan Lintang saat membuat perahu asteroid. Luar biasa deh.

All About Maryamah Karpov-nya Andrea Hirata (1)

Maryamah Karpov, Inilah Jawaban Atas Mimpi-Mimpi Sang Pemimpi

Rahasia
Kuberi tahu satu rahasia padamu, Kawan
Buah paling manis dari berani bermimpi
Adalah kejadian-kejadian menakjubkan
Dalam perjalanan menggapainya
(Ikal)

Hwaaa......aku seneng banget akhirnya bisa baca Maryamah Karpov. Makasih buat adekku yang udah susah payah pesenin buku diskonannya di book fair dan bawain sampai ke rumah =p
Rasanya udah ga sabar ’menonton’ sekuel novel filmis Andrea Hirata yang ke empat ini.

Sebuket Cinta Yang Layu

I
getar dawai yang kau petik mengingatkanku pada ritual cinta yang tak pernah tertinggal setiap aku kehilangan makna

mencarinya, mengingatnya, menyusunnya, merangkainya, mengikatnya, memenjarakannya dalam sel abu abu di kepalaku

pergi menjangkau makna yang tak pernah terejawantahkan lewat kata-kata

hanya sorot mata yang saling bertanya dan menjawab
dan dawaimu bergetar mengiringi senyap

Skenario Sesal Selamanya

I
Sudah sangat lama rasanya
tak lukihat seulas senyum
siluet bayanganmu berjalan menjauh
jangan salahkan aku,
bukan hati ingin menjemput penyesalan panjang
biar saja semua menjadi sejarah terkenang
karna aku pun tak pernah tahu telah mempersiapkan
sebuah skenario penyesalan
kisah yang membuatku tak bisa melangkah ke depan
sudah lama rasanya
tapi tak jua aku bisa berhenti menyesal

Menabung Kelelahan di Ujung Usia

I
rasanya sudah tak sanggup lagi mengeja hari
melangkahkan kaki menjejak ke bumi
kalau boleh, kadang kala aku ingin berhenti
langit biru dan udara pagi
tak bisa lagi melegakan hati
rintik gerimis dan sejuk hujan
tak bisa lagi mendinginkan pikiran
pemandangan hijau dan sinar mentari
tak cukup menerangi jalan
aku tersesat, aku hanya ingin kembali pulang

A Value From Home Alone 2

Aku sering nonton film.
Kadang-kadang di film itu, aku menemukan dialog yang bagus, wise words, atau wise acts.
Tapi karena fokus nonton, semua itu jadi terlewatkan.
Kadang ingat detail kata-katanya, kadang ingat intinya, kadang malah nggak ingat sama sekali, hehehe...
Padahal semua itu bisa jadi perenungan buat diri kita.

Nah, semalem, kebetulan aku cuma berdua sama adikku di rumah.
Ga ada acara TV yang menarik, adikku ngajakin nonton Home Alone 2.
Pada tau kan, film jadul yang udah sering banget diputer di TV.
Sebenernya bosen juga sih, soalnya udah agak apal alur ceritanya.

Pas sampai awal disk 2, aku baru sadar kalo ada dialog bagus antara tokoh utama, si Kevin McCallister yang diperanin sama Macaulay Culkin sama wanita tua yang suka dikerubutin merpati.
Gini dialognya :

Malaikat vs Manusia vs Syetan

Malaikat adalah cerminan dari segala sifat positif, sifat baik, sifat terpuji. Bila disimbolkan dengan warna, maka putih adalah warna yang tepat untuk mewakilinya.

Kebalikan dari malaikat, syetan adalah cerminan dari segala sifat negatif, sifat buruk, sifat tercela. Warna hitam biasa digunakan sebagai simbol untuk menggambarkan karakter ini.

Lalu kira-kira apa warna manusia? Manusia adalah makhluk dualisme yang berada di tengah-tengah karakter positif dan negatif. Untuk tahu warna manusia, mudah saja. Tinggal kita campur warna putih malaikat dan warna hitam syetan, jadilah abu-abu.

Barefoot Gibong, Sebuah Film Tentang Bakti Anak Pada Ibu

“Barefoot Gibong”
an inspiring film to get the mean of loving our mother sincerely
-based on true story-

Namanya Gibong, anak besar berusia 40 tahun yang mengalami cacat karena demam tinggi yang pernah dideritanya saat umur 8 tahun. Gibong, seorang anak lelaki yang tinggal di sebuah dataran tinggi di Korea berdua dengan ibunya di sebuah rumah yang kecil dan sederhana. Ia sangat sayang pada ibunya. Ia membantu ibunya dan menggendong ibunya kemana saja setiap ibunya tak kuat berjalan lagi karena sakit.

Merpati Di Trafalgar Square (Kumpulan Cerpen)

Judul Buku : Merpati Di Trafalgar Square (Kumpulan Cerpen)

Penulis : Weka Gunawan

Penerbit : Grasindo

Halaman : 140

Tanda Baca

titik telah mengakhirkan petualanganku menjejaki koma, tanda tanya, tanda seru, tanda petik, dan mengantarkan aku pada satu akhir yang tak terpahami. hanya satu kata : MENGAPA.

aku bukan malaikat. dan aku tak punya sayap.
aku hanya terpikat. lalu berdoa penuh harap
semoga engkau bersedia dekat^^

No Title

tinggalkan jejakmu di sini, di udara…

agar saat mataku tak dapat lagi melihat

dan telingaku tak dapat lagi mendengar

aku masih dapat mengenalimu

dari aroma segar tanah yang baru tersiram hujan

atau aroma rerumputan yang baru saja dipotong

atau aroma roti yang kita bakar bersama di malam yang dingin itu…

hingga selalu ada kau,

sampai di nafas terakhirku

Episode Luka

I
berdiri di lembayung aku terhuyung
katamu aku terlalu biru mengelabu
lalu aku duduk di tepian jingga
menolak semua bahagia yang ditawarkan luka
sungguh lukanya luka telah meluka di hati yang terluka

No Title

pulanglah ke hatiku,
karena di sanalah rumah hatimu

pulanglah ke jiwaku,
karena dari sanalah jiwamu berasal

kembalilah ke dalam kalbuku,
temui separuh dirimu yang lama kau tinggalkan

kemudian bernafaslah dengan paru-paruku,
hiduplah dengan jantungku,
melihatlah dengan mataku,
mendengarlah dengan telingaku,
berjalanlah dengan kakiku.

karena sejak hari itu,
kita adalah satu.

Drama Kehidupan

di sekolah dasar, anak anak bertengkar
murid sekolah menengah asyik tawuran dengan sesamanya
mahasiswa beradu kekuatan saling baku hantam di jalanan
yang berkantor di gedung megah pun tak mau ketinggalan, beradu mulut sampai beradu kursi, untung tak ada meja yang melayang
di rumah-rumah, suami istri cekcok sepanjang hari
bahkan dalam tidurpun, mimpi berkelahi dengan saudara sendiri karena materi

Episode Kenang

I
aku menghitung waktu
yang semakin lama semakin menjauhiku
mengirimkan jarak pada satu fragmen yang tak mampu aku rengkuh
fragmen itu ku beri nama : kenangan.

No Title

haruku terperangkap di relung
memekarkan putik-putik kembang harapan
dengan apa harus kubalas setiap nano kebaikanMu yang tak terhitung
sedang semua yang melekat hanyalah pinjaman

Allahu robbi,
letakkanlah cahayaMu dihatiku
agar aku selalu tahu kemana aku harus pulang

Bercermin Pada Cermin

Kawan, senangkah engkau mempunyai sahabat yang lemah lembut, pandai menyimpan rahasia, tidak pilih kasih, setia setiap saat, sabar dan jujur?
Sebelum berharap mendapatkan sahabat dengan sifat yang baik, tentunya kita pun harus menjadi sahabat yang baik terlebih dahulu, bukan?
Cermin, ternyata telah lama menunjukkan caranya pada kita.
Hanya saja, terkadang kita tak menyadarinya. Mari sejenak bercermin pada cermin, belajar sifat-sifat baiknya sebagai seorang sahabat. Apa sajakah itu?

SEPULUH, Salah Satu Novel Gagasmedia

SEPULUH adalah novel adaptasi dari film yang digarap oleh D. Soeriapoetra (story by Henry Riady) yang ditulis oleh Ruwi Meita. Novel ini mengisahkan tentang perjuangan seorang ibu dan perjuangan seorang anak jalanan yang ditulis dengan sinergis. Nilai-nilai moral yang ada di dalam novel ini cukup sarat. Deskripsi lokasi dan situasi juga cukup kuat. Penulisannya yang deskriptif naratif, membuat membaca novel ini serasa sedang menonton filmnya.

Tokoh sentral dalam cerita ini adalah Yanti, Mongki, Dargo, dan Thomas. Yanti adalah seorang perempuan yang teraniaya oleh Adit, suami yang dinikahinya tanpa restu orang tua. Adit membuat hidupnya semakin pahit setelah meninggalkan kewajibannya, menjual putri mereka demi narkoba, bahkan memfitnahnya Yanti sehingga Yanti terpaksa mendekam 10 tahun di pejara untuk kesalahan yang tak pernah dilakukannya. Sekeluar dari penjara, yanti berusaha mencari keberadaan Mira, anak yang sudah dijual suaminya.

Yang Mana Karaktermu?

Aku cukup tertarik pada hal-hal yang berkaitan sama karakter manusia. Banyak ahli yang mengklasifikasikan karakter-karakter manusia berdasarkan tes-tes psikologi atau seperti yang satu ini : posisi sebagai anak dalam keluarga. Ada anak sulung, anak tengah, anak bungsu, dan anak tunggal (sulung sekaligus bungsu).

Kalau menurutku tidak selalu anak yang lahir pertama punya kerakter anak sulung, bisa aja malah karakternya anak bungsu. Begitu juga sebaliknya. Ketika manusia tumbuh, karakter itu tidak cuma dipengaruhi oleh urutan kelahiran, tapi juga lingkungan sekitar yang membentuknya. Makanya jangan kaget ketemu kakak yang lebih manja dari adiknya atau ketemu adik yang lebih dewasa dari kakaknya.

Walaupun begitu, ga ada salahnya untuk tahu karakter seseorang berdasarkan urutan kelahirannya. Ini bukan ramalan lho, tapi berdasarkan ilmu psikologi. Siapa tahu ada yang cocok sama diri kamu, jadi kamu bisa lebih tahu tentang diri kamu sendiri, saudara kamu, atau anak kamu (yang udah punya anak^^). Tahu juga bagaimana menghadapi orang dengan karakter tersebut.

Mimpi Yang Tak Usai

Kawan, pernah ga kalian bermimpi tapi kemudian terputus karena tiba-tiba kamu terbangun? Gimana rasanya?

Aku pernah mengalaminya. Udah agak lama, aku lupa juga detail cerita di mimpi itu. Yang masih kuingat, di mimpiku aku berantem dengan seorang teman (yang sampai sekarang aku juga ga tau pasti teman dimimpiku itu siapa, pokoknya dia temanku). Aku marah padanya karena suatu kesalahan. Pada akhirnya aku tahu kesalahan itu bukan disebabkan olehnya. Semua cuma salah faham aja. Kemudian aku bermaksud untuk minta maaf, tapi kucari kemana-mana temenku itu ga ada. Belum sempet menemukannya untuk minta maaf, tiba-tiba aku terbangun. Hmm...Rasanya nyesel banget. Kalo bisa nerusin mimpi itu lagi, aku pengen cari dia sampe ketemu dan menyampaikan maaf.

Antara Ultraman, Doraemon, dan Tom and Jerry

Beberapa waktu lalu aku dapat undangan reuni dari temen-temen lama di masa aku kecil. Mereka temen maenku. Ada Ultraman, Doraemon, Tom and Jerry, mereka semua sangat mengharapkan aku bisa hadir. Sayangnya aku ga bisa datang dan ga tau kabar terakhir mereka apakah masih jadi artis atau udah pensiun.

Hehehe...paragraf di atas cuma fiksi....khayalan tingkat rendah (bukan Khayalan Tingkat Tingginya Peterpan) seseorang yang pernah menjadi anak-anak.

Caping Gunung

ndek jaman berjuang
njur kelingan anak lanang
mbiyen tak openi
ning saiki ana ngendi

jarene wis menang
keturutan sing digadang
mbiyen ninggal janji
ning saiki apa lali

ning nggunung tak cadhongi sego jagung
yen mendung tak silihi caping gunung
sukur bisa nyawang
gunung desa dadi reja
dene ora ilang
nggone pada lara lapa

Ketika Harus Kehilangan

Kehilangan sesuatu yang tadinya kita anggap milik kita, memang nggak enak banget. Dan hari ini saya mengalaminya.

Mungkin bukan kerugian materi yang harus saya tanggung. Tapi yang namanya kehilangan tetep aja bikin gimanaaaa gitu.

Reuni Bakso Ojek, Kueh Lekker, Dan Srabi Gantol

Beberapa waktu lalu, seorang penjual jajanan keliling lewat di dekat rumahku. Aku hafal betul siapa dia, walaupun tak pernah tahu siapa namanya. Dia adalah sahabat masa kecilku, ketika aku masih SD. Dulu, aku dan kawan-kawan sekolahku memanggilnya ‘Lek’. Dia adalah bapak penjual bakso ojek. Kenapa namanya bakso ojek? Aku juga tidak tahu, dari dulu sudah disebut begitu.
Bakso ojek ukurannya kecil, sekitar sebesar kelereng. Bahan pembuatnya mungkin campuran tepung terigu dan pati, mungkin, aku tidak tahu pasti dan belum pernah bertanya. Yang pasti baksonya gurih dan tidak terlalu kenyal. Yang bikin makin enak adalah bumbu kacangnya. Hmm…pokoknya bikin nagih deh rasanya…Dulu seratus rupiah dapat 5 bakso, sekarang seratus dapet 1 biji bakso kali ya?

Setelah aku lulus SD, aku jarang beli bakso ojek. Tapi setiap kali ketemu, hampir selalu beli. Itupun kalau bakso ojeknya masih. Ada sih, penjual bakso ojek yang lain, tapi bakso ojek punya ’Lek’ ini, menurutku memang yang paling enak. Sayangnya, pas lewat di dekat rumahku waktu itu, baksonya udah habis.

Harmoni Februari Pagi

1
di hutan rasamala
kerumun daun pinus berderak
meneteskan air cinta dari pucuk-pucuknya
menyanyikan mars kehidupan bersama kicau pipit dan anak-anaknya

dalam...
kuhirup udara

tertabur bahagia di pagi merona

Jatuh Hati VS Patah Hati

Apa yang dirasakan seseorang saat jatuh? Secara spontan, kebanyakan orang menjawab, ”Sakit.” Entah itu jatuh dari motor, jatuh dari kursi, jatuh dari pohon, jatuh dari tangga, jawabannya sama. Bagaimana pula kondisi sesuatu saat mengalami peristiwa patah? Sebagian orang menjawab rusak, sebagian lagi berkata hancur. Tapi apa yang terasa, saat yang rusak atau hancur itu terjadi pada bagian tubuh seseorang? Kebanyakan memberikan jawaban, “Sakit.” Jadi kesimpulannya apa yang dirasakan oleh seseorang saat mengalami peristiwa jatuh atau patah adalah sama. Sama-sama sakit.

Cinta Bulan Separo

cintaku selalu purnama

berkilau di gelap langit malam

berkawan bintang gemintang

setia di terbit dan tenggelam

tak peduli tanggal muda atau tua

cintaku selalu purnama

Masalah : Diselesaikan atau Dibiarkan?

Masalah adalah bagian dari kehidupan yang tidak mungkin tidak dialami oleh setiap orang yang hidup. Ada dua pilihan dalam menyikapi permasalahan : menyelesaikan atau membiarkan. Apa bedanya?

Kalau masalah diibaratkan dengan air sungai, maka menyelesaikan masalah terkadang seperti menghadapi ngarai di ujung sungai, memberikan kejutan diakhirnya karena harus terjun dari ketinggian. Tapi setelah itu, apa yang ditemukan? Biasanya, air terjun akan berhenti di danau yang airnya tidak mengalir kemnaana-mana lagi. Artinya, masalah memang benar-benar selesai. Tapi tidak semua air terjun demikian akhirnya. Ada juga yang mengalir lagi di aliran sungai yang lebih panjang. Menyelesaikan masalah kadang memberikan shock terapi untuk psikologi seseorang. Tapi tenang saja, efeknya cukup baik kalau bisa melewatinya.

P.S. I Love You written by Cecilia Ahern

Ada yang udah pernah baca novel ini?
Atau nonton filmnya?
Gimana?
Bagus nggak?

Aku belum pernah nonton film ini, tapi banyak yang bilang bagus.
Kemarin adikku sempet pulang sebentar dan bawa buku ini ke rumah.

Tadinya aku malas baca karna pasti ga akan selesai, tapi pas baca tulisan yang ada di sampul belakang buku, aku memutuskan membacanya walau ga semua bisa kebaca.

Tulisan yang eye-catching itu berbunyi
”ingatlah semua kenangan manis kita,
Tapi kumohon, jangan takut menciptakan kenangan-kenangan baru”

Dan kata-kata ini cukup berarti buatku^^,

Jumat, 20 Januari 2012

Bukune Publishing Mencari Penulis Novel Romance

Syarat :

1. Jenis novel yang diterima: novel romance (remaja/dewasa) & novel inspiratif. Min. 75 hlm, 1 spasi. TimesNewRoman.

2. Khusus Novel Romance Bukune, bisa via pos ke alamat redaksi/langsung via email widyawati.oktavia@gmail.com. Sertakan sinopsis.

3. Kalau via email, kirim dengan Subjek: #NovelRomanceBukune. Waktunya tidak dibatasi, sama seperti penerimaan naskah lain. Sertakan biodata juga ,jangan lupa :)

4. Redaksi akan mereview naskah yg dikirimkan. Diterima/ditolak, kamu akan dihubungi (maksimum 1 bulan sejak naskah diterima)

5. Oh, ya, sama seperti di email, kalau kirim naskah via pos, jgn lupa juga tulis keterangan di kiri kanan atas amplop kamu ya #NovelRomanceBukune

6. Novel ini dibedakan dengan novel komedi ya. :) cek novel romance yg udah terbit di web kami ya. Ada Hati Memilih & Menemukanmu

7. Tapi, Bukune jugamasih menerima novel komedi kok. Kalau untuk novel komedi, pelit, komik, nonfiksi, cek di web ya cara kirimnya (masih sama seperti dulu).

8. NovelRomanceBukune ini memang cerita cinta, cerita yang manis kok. dibedakan dengan novel komedi yanggokil2an. :)

9. Buat yg ngirim nskah #NovelRomanceBukune via email kirim dalam bentuk PDF saja

Info dari sini

Penerbit Indiva Media Kreasi

Bagi teman-teman yang memiliki naskah dengan segmen perempuan, remaja dan anak, silahkan menulis di Penerbit Indiva Media Kreasi. Kami menerima naskah dengan tema:

1. Fiksi dewasa/remaja (bukan kumcer)
2. Motivasi
3. Pernikahan/ rumah tangga
4. Parenting

Kamis, 12 Januari 2012

Cara Kirim Naskah Ke Diva Press

Naskah Fiksi (Tema bebas)

* Menyertakan sinopsis cerita dan biodata lengkap (termasuk nomor yang dapat dihubungi)

* Tidak ada batasan ketebalan naskah, kertas A4, spasi 2, font Times New Roman ukuran 12, batas margin kanan 4 cm, kiri 3 cm, atas 4 cm, dan bawah 3 cm.

Selasa, 10 Januari 2012

A Touching Film In Ends of 2011 : Hafalan Shalat Delisa


Novel Hafalan Shalat Delisa (HSD) sudah saya khatamkan bertahun lalu saat saya masih jadi mahasiswa. Novel yang sangat ‘touching’. Bikin air mata menggenang bahkan meleleh. Bertahun kemudian, novel ini juga saya rekomendasikan kepada suami. Malah akhirnya dia jadi penggemar berat buku-buku tulisan pengarang yang sama. Hampir semua novel yang sudah diterbitkan Tere Liye dia koleksi, hehehe …



Begitu kami mendengar novel HSD akan difilmkan, kami langsung menyambut antusias. Tak sabar rasanya menanti film ini diputar di layar bioskop. Penasaran dengan pemain dan visualisasi yang akan ditampilkan. Beruntung kami sudah pindah ke Malang, jadi bisa memastikan kami bisa nonton di bioskop. Kalau masih di Manado, belum yakin akan diputar. Apalagi kalau di Rembang, bioskopnya aja ga ada, hihihi …



Film HSD diputar tanggal 22 Desember 2011 pas di Hari Ibu. Setelah memastikan jadwalnya, main di bioskop mana dan jam berapa, kami nonton hari itu juga. Di hari pertama pemutaran film dengan semangat 45 (lebay^^). Finally, begitu keluar dari bioskop, suami mesam-mesem karena mata saya sedikit sembab dan hidung senggrak-senggruk.

Cinta Mewangi di Mekarwangi

Bakti Sosial BEM Fakultas Bahasa di Desa Mekarwangi mempertemukanku dengan Bu Sari. Sekilas tak ada yang istimewa dari wanita paruh baya itu. Tak kusangka dialah yang merintis pendirian Panti Asuhan Mekarwangi. Wajahnya mungil penuh welas asih. Tubuhnya tak gemuk, tak juga kurus. Yang paling khas darinya adalah senyuman yang tulus.

Dari mana aku tahu senyumannya tulus? Tentu saja dari interaksiku dengannya. Ya. Sejak baksos itu, aku rajin berkunjung ke panti. Aku menjadi salah satu tenaga sukarela di sana. Aku mengajar Bahasa Inggris.

Melihat anak-anak di panti, aku seakan melihat pada sebuah cermin. Bagaimana tidak? Apa yang mereka alami juga aku rasakan, terutama di bagian tidak punya orang tua lagi. Ibuku meninggal saat melahirkan aku, ayahku meninggal beberapa tahun yang lalu. Aku sebatang kara tanpa saudara. Mungkin karena itulah hatiku serasa ikut tinggal di panti asuhan ini. Mencari kasih sayang saudara, terutama orang tua seperti Bu Sari.

Cinta dalam Secangkir Kopi

Ayahku seorang pecandu kopi. Tapi itu dulu, sekarang tidak lagi. Kini ia hanya menjadi penikmat kopi. Bukan karena ia mulai khawatir dengan kesehatannya jika terus-terusan meminum kopi. Tapi karena ada rasa ngilu menanggung rindu pada pembuat kopi ternikmat. Almarhumah Ibu.


Setahun awal kehilangan Ayah terkurung kepedihan. Sehingga membuatnya takut menikmati secangkir kopi. Mungkin terlalu banyak merenung dan memperoleh nasehat dari dirinya sendiri, Ayah berangsur-angsur menemukan hidupnya kembali. Ayah mulai mau banyak bicara, mulai kembali pada aktivitasnya bersepeda bersama perkumpulan lansia, dan sesekali mau meminum kopi yang kubuatkan.

Tips Agar Menang Lomba Menulis Flash Fiction

Seiring dengan semakin populernya flash fiction, banyak sekali diadakan kompetisi menulis flash fiction. Mulai dari kompetisi lokal di jejaring sosial facebook sampai di ajang yang bertaraf internasional. Mulai dari berhadiah pulsa, buku, dibukukan, sampai uang jutaan rupiah. Wow, menarik bukan?

Untuk menjadi pemenang, tentu bukan hal mudah. Banyaknya pesaing menuntut kita mempunyai strategi untuk minimal menembus nominasi. Tulisan berikut ini akan mengulas tips-tips memenangkan lomba menulis flash fiction. Apa saja? Simak ya!

#aksara bermakna


Perpisahan adalah pasangan sejati setiap pertemuan yang niscaya akan terjadi. Jika bukan kita yang meninggalkan, kita yang akan ditinggalkan. Entah untuk waktu sementara atau selamanya.

Dalam hidup, memilih adalah sebuah aktivitas yang tak bisa dihindari. Bahkan ‘tidak memilih’ juga merupakan sebuah pilihan dan setiap pilihan selalu punya konsekuensi tersendiri. Pilihan, membuat kehidupan seseorang menjadi unik –episode ujian : multiple choice-

Hutan Hujan

kepada hujan hutan setia bertahan,
kepada hutan hujan tak lelah memberi,
bila rindu tak lagi mampu menjadi ruang bagi hujan dan hutan,
biarkan kesabaran memeluk keduanya dengan harapan esok pagi

*tertulis di sebuah dinding, beberapa tahun yang lalu

Senin, 09 Januari 2012

Mengirim Tulisan Ke Majalah dan Media Massa

WARNING (Mohon dibaca sebelum melanjutkan membaca hingga akhir tulisan) :

Disarankan untuk MEMBELI Majalah/Tabloid/Koran yang ingin kita kirimi tulisan kita baik itu artikel nonfiksi, kisah nyata, cerpen, cerbung, resep masakan, etc. Beli dan PELAJARI baik-baik karakter dan ciri khas tulisan-tulisan yang ada dalam Majalah/Tabloid/Koran tersebut. Karena ada pribahasa "Tak kenal maka tak sayang", heheheh. Selamat Membaca dan Selamat Uji NYali !!!

Temans, berikut ini adalah sedikit daftar majalah, koran dan tabloid yang menerima tulisan dari luar redaksi. Data ini saya kumpulkan dari berbagai sumber. Mohon maaf jika sekiranya ada alamat-alamat yang sudah tidak valid dikarenakan majalah/koran/tabloid tersebut sudah ganti nomer telepon, ganti alamat email, ganti situs atau bahkan gulung tikar. Hehehehehehe...

kalau ada yang mau koreksi, silahkan tulis di komen. kalau mau nambahi juga monggo dikomen ya.... karena memang ada beberapa majalah/tabloid yang baru yang belum saya masukkan ke sini. Antara lain adalah Tabloid Femme, Majalah Irfan (anak), dan lain sebagainya.

Satu lagi, yang saya cantumkan di sini khususnya/kebanyakan adalah untuk pengiriman cerpen. karena dulunya dokumen ini saya bagikan untuk adik-adik di Forum Lingkar Pena Majalengka. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan brosing, dan jika data valid boleh tambahkan di kolom komen supaya bisa saya masukkan ke dokumen. Untuk jenis-jenis tulisan lain, nanti bisa dirinci lebih lanjut. Doakan saya sehat selalu, baik itu sehat fisik, sehat dompet maupun sehat koneksi internetnya. okay ? hihihihihi....

Here it is, check it out :