Kamis, 14 Juni 2012

#aksara bermakna

Kehilangan terbesar adalah kehilangan rasa kehilangan itu sendiri.
Karena barangkali saat itu kita telah kehilangan semuanya tanpa sadar bila kita telah kehilangan. (re-write quote tokoh tapi lupa siapa)

#aksara bermakna

Dalam sebuah lagu, kasih ibu diibaratkan seperti sinar sang surya pada dunia.
Hanya memberi tak harap kembali.
Namun setulus apapun kasih ibu, pasti tersirat keinginan untuk mendapatkan balasan cinta dari anak-anaknya.
Meski hanya sekedar pelukan saat ia telah renta.

Flora : Episode Floristerious

"Aku tak akan menggadaikan kebahagiaan yang kugenggam hanya untuk memenuhi keingintahuanku akan sesuatu yang pernah terjadi di masa lalu saat kau tak lagi bersamaku. Sudah cukup bagiku pernah memilikimu meski hanya di masa lalu." Lagi-lagi Flora tenggelam dalam kenangan.

"Apakah kebahagiaanku menyakitimu? Apakah kebahagiaanku mencederai hatimu? Lalu siapa yang harus disalahkan? Kau? Atau aku?" Flora berpaling. Barangkali dia yang keliru mengartikan bunga-bunga yang jatuh di jendelanya setiap pagi.

Rabu, 06 Juni 2012

Makronutrien

Makanan adalah bahan nabati dan hewani yang layak masuk ke dalam tubuh. Dalam makanan, terkandung zat gizi. Zat gizi adalah kandungan kimiawi dalam makanan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Banyak sekali peran zat gizi, antara lain untuk membentuk dan memelihara jaringan, untuk sumber tenaga, untuk mengatur sistim dalam tubuh, serta melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Berdasarkan fungsinya, zat gizi digolongkan menjadi 3, yaitu sebagai sumber energi (karbohidrat, lemak, protein), untuk pertumbuhan dan mempertahankan jaringan tubuh (protein, lemak, vitamin, mineral), dan sebagai pengatur metabolisme dalam tubuh (mineral, vitamin, air, dan protein).


Makanan : Kenali Dia Kawan atau Lawan

Dalam mengkonsumsi makanan, kita harus tahu betul apa yang kita makan agar kita selamat dan sehat. Perhatikanlah makanan Anda dari bahan berikut ini.

Gula

Gula memang dibutuhkan untuk tubuh sebagai sumber energi. Akan tetapi bila berlebihan, dapat menimbulkan efek yang tidak baik. Selama tubuh dapat memproduksi insulin dengan baik, gula yang ada dalam darah akan diubah menjadi gula otot (glikogen). Namun bila keadaan ini berlangsung terus menerus, maka simpanan gula tersebut akan menjadi lemak dalam tubuh dan mengakibatkan obesitas. Yang lebih berbahaya bila tubuh tak sanggup lagi memproduksi insulin yang cukup untuk mengubah gula darah. Akibatnya gula akan terkonsentrasi dalam darah, dan kondisi inilah yang disebut dengan diabetes.


Bijak Memilih Asupan Makanan

Batasi Konsumsi Lemak dan Minyak 

Makananlah makanan sumber lemak seperempat dari kecukupan energi. Lemak menghasilkan kalori yang besar dan lama untuk dicerna. Terlalu banyak mengkonsumsi lemak juga terbukti kurang baik bagi kesehatan. Komposisi konsumsi lemak yang dianjurkan adalah 2 bagian makanan yang mengandung sumber lemak nabati dan 1 bagian mengandung sumber lemak hewani. 

Pilihlah sumber lemak yang mengandung asam amino tidak jenuh, seperti yang banyak terdapat pada ikan dan kacang-kacangan. Asam amino tidak jenuh bermanfaat bagi tubuh dan mengurangi resiko hipertensi atau kolesterol.


Apakah Anda Mengidap Anoreksia atau Bulimia?

Ada sebagian wanita yang sangat terobsesi memiliki tubuh yang kurus. Persepsi ‘cantik’ dengan tubuh langsing terkadang membuat wanita melakukan apa saja demi mendapatkannya tanpa mempertimbangkan efek bagi kesehatan. 

Salah satu gangguan makan tersebut adalah Anoreksia Nervosa (AN). Penderita AN menolak makan karena takut menjadi gemuk atau bentuk tubuhnya berubah. AN merupakan sebuah penyakit kompleks yang melibatkan komponen psikologikal, sosiologikal, dan fisiologikal. Karena biasanya AN disebabkan oleh lingkungan yang membentuk pola pikir seseorang bahwa ‘cantik/menarik’ terdapat pada seseorang dengan tubuh yang kurus/langsing. Akhirnya, dari lingkungan (sosiologikal) tumbuh persepsi negatif (psikologikal) yang berimbas pada kesehatan tubuh (fisiologikal). Pada penderita AN biasanya ditemukan disfungsi pada hati. 


Konsumsi Aneka Ragam Makanan

Seimbangkanlah makanan Anda dengan berupaya memenuhi kebutuhan akan zat gizi dasar setiap kali makan. Zat gizi dasar terdiri atas zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur.

Makanan sumber zat tenaga dibutuhkan untuk memberikan energi yang dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari. Dapat diperoleh dari makanan seperti beras, jagung, gandum, ubi kayu, ubi jalar, kentang, sagu, roti, mi, dll. Selain dari makanan yang kaya karbohidrat, makanan berlemak seperti minyak, margarain dan santan juga dapat menghasilkan tenaga. 


Makanlah Makanan yang Halal dan Baik

Islam memang menaruh perhatian tentang apa yang masuk ke dalam tubuh seorang muslim. Mengapa? Karena zat yang masuk tidak hanya akan mempengaruhi raga, tetapi juga dapat mempengaruhi kejiwaan seseorang.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, akan mendarah daging. Apa jadinya diri kita bila yang kita makan adalah makanan yang buruk? Ada segumpal daging dalam diri manusia, yang bila baik daging tersebut, maka baik lah dirinya. Daging itu adalah hati. Mungkin hati yang dimaksud di sini bukan hati secara ragawi. Tetapi bila kita perhatikan, maka akan ada keterkaitan antara makanan, kondisi hati jasmani, dan kondisi hati ruhani.

Jadi, apa sajakah pedoman makan yang baik bagi seorang muslim?


Pilihlah Makananmu

Makanan yang Halal

Pada dasarnya, semua makanan hukumnya mubah kecuali yang jelas diharamkan oleh Allah. Namun terkadang, ada pula makanan yang masih syubhat atau kurang jelas halal-haramnya. Maka untuk yang seperti ini, kita harus mencari tahu fatwa-fatwa yang telah disampaikan oleh para alim ulama. Apabila masih ragu, maka yang terbaik adalah menghindarinya. Toh masih banyak kan jenis makanan lainnya?

Selain halal zatnya, makanan juga harus halal cara memperolehnya. Bukan hasil mencuri, merampas, uang yang dipakai untuk membelinya pun, berasal dari uang yang halal. Maka halal di sini akan mengantarkan kita kepada sebuah kehidupan yang beradap dan menjaga kebaikan diri setiap manusia.


Bijak Mengkonsumsi Karbohidrat

Konsumsi energi yang berlebihan dalam rentang waktu yang lama akan menyebabkan kegemukan. Tetapi apabila konsumsi energi kurang, maka cadangan energi dalam tubuh yang berada dalam jaringan otak/lemak akan digunakan untuk menutupi kekurangan tersebut. Apabila hal ini berlanjut, maka dapat menurunkan produktivitas. Pada wanita, terlalu kurus juga dapat menyebabkan gangguan reproduksi, seperti menstruasi yang tidak lancar.

Yang perlu diingat adalah kurus dan gemuk terkadang juga berkaitan dengan faktor genetik. Oleh karena itu, belum tentu orang kurus karena kurang makan. Tetap perhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi agar tubuh tetap sehat. Sebaliknya, ada orang yang secara genetik cenderung gemuk. Tidak perlu khawatir. Bila memang ditakdirkan bertubuh besar/gemuk, jagalah tubuh dengan memperhatikan pola makan dan berolahragalah secara teratur. Di luar persepsi kurus atau gemuk, yang terpenting adalah Anda merasa sehat secara jasmani dan rohani.


Minumlah Air Bersih yang Aman dan Cukup

Sebagian tubuh kita terdiri atas air. Metabolisme dalam tubuh kita juga memerlukan cairan. Karena itulah air sangat penting walaupun tidak mengandung zat gizi penghasil energi, zat pembangun ataupun zat pengatur. Cairan yang dikonsumsi orang dewasa, terutama air minum, sekurang-kurangnya dua liter atau setara dengan delapan gelas setiap hari. Selain dari air minum, air juga dapat diperoleh dari makanan yang kita makan, seperti buah-buahan, kuah sayur, dan lain-lain. 

Sumber air yang diminum juga harus memenuhi standar keamanan, seperti tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa. Bila ada salah satu atau ketiga indikasi di atas, bisa jadi sumber air tidak layak minum karena sudah tercemar oleh cemaran biologis atau kimia. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan resiko penyakit batu ginjal, diare dan keracunan. 


Berenergi dengan Sarapan Pagi


Sarapan pagi tidak hanya penting untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa. Kebiasaan menghindari sarapan dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, merupakan kekeliruan yang dapat mengganggu kondisi kesehatan. Anda membutuhkan energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Sarapan dapat memelihara ketahanan fisik, mempertahankan daya tahan saat bekerja dan meningkatkan produktivitas kerja. Sarapan pagi dapat meningkatkan konsentrasi dalam belajar dan bekerja.

Tips Belanja Makanan Kemasan

Setiap kali Anda berbelanja makanan yang sudah dikemas, selalu perhatikan label pada kemasan tersebut. Beberapa hal yang perlu Anda cermati ketika berbelanja adalah sebagai berikut :

1. Label halal

Sebagai seorang muslim, hal pertama sebelum mempertimbangkan membeli makanan adalah halal. Karena itu, utamakan mencari label tersebut pada kemasan pangan yang akan Anda beli untuk memastikan jaminan kehalalannya.

2. Kondisi kemasan

Pilihlah produk yang dengan kemasan yang masih utuh dan baik. Susu kotak atau botol yang menggembung menunjukkan telah terjadi kontaminasi mikroba, begitu pula dengan produk kaleng. Makanan dalam kemasan plastik yang rusak terpapar udara luar sehingga mempunyai aroma yang tidak sedap (tengik) atau sudah melempem. Pastinya sebagai konsumen Anda ingin yang terbaik, bukan? Karenanya, telitilah sebelum membeli.

Selasa, 05 Juni 2012

You Are What You Eat

‘tell me what you eat and I will tell you what you are’

(Anthelme Brillat-Savarin menulis dalam Physiologie du Gout, ou Meditations de Gastronomie Transcendante)





Makan adalah salah satu kebutuhuhan pokok yang tidak dapat ditinggalkan oleh manusia. Maka tak salah bila bermunculan pepatah dan ungkapan yang berkaitan dengan manusia dan makanannya. Salah satunya seperti yang sering kita dengar, ‘you are what you eat’, kamu adalah apa yang kamu makan. Oh, tentu saja ungkapan ini tidak berarti orang akan menjadi sapi ketika memakan rendang, atau seperti kambing bila memakan gulai. Maksud dari ungkapan ini adalah kualitas kesehatan kamu, bisa tampak dari apa yang kamu makan.