Sabtu, 21 Januari 2012

P.S. I Love You written by Cecilia Ahern

Ada yang udah pernah baca novel ini?
Atau nonton filmnya?
Gimana?
Bagus nggak?

Aku belum pernah nonton film ini, tapi banyak yang bilang bagus.
Kemarin adikku sempet pulang sebentar dan bawa buku ini ke rumah.

Tadinya aku malas baca karna pasti ga akan selesai, tapi pas baca tulisan yang ada di sampul belakang buku, aku memutuskan membacanya walau ga semua bisa kebaca.

Tulisan yang eye-catching itu berbunyi
”ingatlah semua kenangan manis kita,
Tapi kumohon, jangan takut menciptakan kenangan-kenangan baru”

Dan kata-kata ini cukup berarti buatku^^,

Sekali lagi karena waktu, aku cuma bisa baca bagian pembuka, penutup, dan skipping bagian tengah cerita.

Garis besar ceritanya adalah.....
Ada perempuan (Holly) yang ditinggal mati suami yang SANGAT dicintainya (Gerry).
Gerry meninggal di bulan Februari karena sakit.
Ternyata, ia meninggalkan 10 surat buat Holly.
Di amplop surat itu tertera nama bulan dari Maret-Desember.
Surat itu hanya boleh di buka di saat bulan yang sesuai.
Holly menepati wasiat dari suaminya itu.
Membuka surat di bulan yang tertera di amplop dan melakukan apapun yang di tulis di surat itu.
Walaupun sebenarnya dia tidak ingin, tapi dia melakukannya untuk Gerry.
Sampai 10 bulan itu ia terus dituntun oleh surat Gerry.
Bahkan saat di surat itu Gerry minta semua barangnya disingkirkan dari rumah, dengan berat hati Holly melakukannya.
Tapi hidup Holly tetap berjalan dan memang seharusnya begitu walaupun sudah lewat Desember dan itu artinya tak ada lagi surat dari orang yang dicintainya.

Yang paling aku suka dari cerita ini adalah bagian ending, cerita tentang peri kebun Holly, dan pidato Holly di pernikahan Denise.

Ending cerita ini....
Jadi ceritanya ada seorang pria (Daniel) yang dekat dengan Holly dan bermaksud melamarnya.
Tapi Holly merasa dia masih mencintai Gerry dan belum bisa menerima orang lain.
Setelah Daniel mengungkapkan maksudnya, Holly menghindar terus dari Daniel.
Dia berpikir dan memastikan apakah dia bisa mulai menerima orang lain di hidupnya (waktu itu sudah bulan desember, bulan terakhir surat dari Gerry).
Sebulan tak ada kontak dengan Daniel.
Akhirnya mereka ketemu di pernikahan sahabat Holly (Denise).
Ternyata Daniel udah balikan lagi sama mantannya.
Ya....Holly ga jadi bilang deh kalo dia mau belajar menerima Daniel.
Tapi justru yang dia rasakan waktu tau Daniel balik lagi sama mantannya adalah lega.
Jadi, dia tidak perlu merasa bersalah kalau belum dan tidak bisa menerima Daniel di hidupnya.
Tapi Holly berjanji akan melanjutkan hidupnya dengan baik seperti wasiat Gerry.

Kalau cerita tentang peri kebun itu...
Kebun Holly tidak terawat setelah Gerry meninggal karena yang biasanya merawat kebun itu Gerry.
Tapi beberapa minggu terakhir, kebun itu kembali terawat dan bunga-bunga yang mati sudah diganti yang baru.
Holly tak tahu siapa yang merawat kebunnya. Ia hanya menyebutnya peri kebun.
Suatu hari, ada seseorang yang datang dan Holly sengaja tidak membukankan pintu karena malas bertemu orang.
Pas dilihat di jendela, orang itu kemudian membereskan dan merawat kebunnya.
Ternyata dia adalah Richard, kakaknya.
Dia diam-diam melakukan itu semua untuk Holly.
Padahal selama ini Holly ga begitu dekat dengan Richard dan menganggapnya orang yang ga asyik karena pembawaannya yang kaku dan serius.
Huhu....jadi terharu.

Yang menarik lagi dari cerita ini adalah keluarga Holly.
Holly punya beberapa saudara Jack, Richard, dia, Declan, dan Ciara.
Dia juga punya sahabat karib Sharon dan Denise.
Di cerita ini, peran mereka untuk mendukung Holly menghadapi masa-masa sedih setelah kehilangan suaminya sangat besar.
Walaupun ada konflik, ada juga hubungan beku yang mencair.
Kehilangan Gerry juga membuatnya sadar arti keluarga dan sahabat.
Ia juga jadi tahu mana yang teman dan mana yang benar-benar teman.
Siapa orang-orang yang bersedia hadir di sampingnya saat dia merasa terpuruk.
Holly juga belajar mengendalikan perasaan iri yang manusiawi saat ia tahu Sharon akan punya anak dan Denise akan segera menikah, sedangkan saat itu ia baru saja kehilangan orang yang paling dia sayang.
Dia belajar tegar dan tabah.
Pada akhirnya dia berubah menjadi lebih mandiri, lebih kuat, dan lebih dewasa.
Hmmm.....

Oia, aku sempet mencatat beberapa frasa, kalimat, dialog yang menurutku keren dari buku P.S. I love You. Nih....

Petikan surat Gerry di bulan Maret
”Aku hanya sebuah babak dalam hidupmu, akan ada banyak babak baru menantimu di masa yang akan datang. Ingatlah semua kenangan manis kita, tapi kumohon, jangan takut menciptakan kenangan-kenangan baru.”

Petikan surat Gerry di bulan Juni
”Kau tidak membutuhkan barang-barang pribadiku untuk tetap mengenangku, kau tidak perlu menyimpannya sebagai bukti aku pernah ada atau tetap ada dalam pikiranmu. Kau tidak perlu mengenakan sweeterku untuk merasakan pelukanku, aku ada di sisimu.”

Petikan surat Gerry di bulan September
”Raih bulan di langit, dan kalau kau gagal, paling kau berada diantara bintang-bintang.”

Petikan surat Gerry di bulan Desember
”Jangan takut jatuh cinta lagi. Buka hati dan ikuti kata hatimu....dan ingatlah, raihlah bulan di langit...”

Pidato Holly di pernikahan Denise
”Menemukan orang yang kaucintai dan yang mencintaimu sungguh merupakan perasaan yang sangat menakjubkan. Tapi menemukan belahan jiwa yang sejati jauh lebih menakjubkan. Belahan jiwa adalah orang yang memahamimu lebih dari orang lain, yang mencintaimu lebih dari orang lain, dan akan mendampingimu selamanya, apapun yang terjadi. Kata orang, tidak ada yang abadi, tapi aku sangat yakin, bagi sebagian orang cinta tetap bertahan bahkan setelah kita tiada.”

Dialog Holly
”Malam ini aku bahagia. Aku akan mengkhawatirkan hari esok bila hari esok sudah tiba. Tapi aku mulai menuju kesana.”

Dialog Holly
”Setiap kali ada yang bertanya ’kau baik-baik saja?’, aku selalu menjawab ’aku baik-baik saja, terimakasih’. Tapi jujur saja, sebenarnya itu tidak benar. Apakah orang sungguh-sungguh ingin tahu apa yang kau rasakan bila mereka bertanya begitu? Atau itu hanya basa basi?”

Dialog Holly
”Bila seseorang telah menemukan cinta sejati, orang itu harus mempertahankannya.”

Dialog Sharon
”Tidak ada orang yang hidupnya selalu dipenuhi saat-saat indah. Kalaupun ada, itu bukan lagi saat-saat indah. Tapi sesuatu yang normal. Bagaimana kau merasakan kebahagiaan bila tidak pernah mengalami kesedihan?”

Kata-kata di novel
”Ada kalanya, hidup terlalu cepat direnggutkan dari seseorang, tapi yang terpenting adalah bagaimana kau menjalani hidupmu, bukan berapa lama kau hidup.”

Kata-kata di novel
Kenangan itu membuatnya bahagia, dia tidak mau menangisinya, tapi akan merengkuhnya dengan sepenuh hati. Menikmati setiap detik hidup yang pernah dilalui, tapi sekarang saatnya melangkah maju. Membuka babak baru dalam hidup, membawa serta semua kenangan indah dan pengalaman berharga yang akan mengajarnya dan membantunya menata masa depan. Jelas, itu tidak mudah, namun dia sudah belajar bahwa tidak ada yang mudah dalam hidup ini.”

Oke...cukup disini, kalo penasaran, beli aja bukunya.^^


*posting ulang dari blog lama, entah kapan ditulis.

0 komentar:

Posting Komentar