Get me outta here!

Selasa, 17 Februari 2015

Buku Solo Perdana : Behind The Scene

Alhamdulillah, buku yang saya susun satu setengah tahun yang lalu ini akhirnya terbit juga. Dari rentang awal menuliskannya hingga kini, banyak hal yang saya peroleh. Bukan hanya buku, tapi juga pelajaran, pengalaman dan tentu saja persahabatan. 

Bagaimana awalnya saya bisa menulis buku ini?
Sekitar pertengahan tahun 2013, Ada pelatihan online menulis buku anak yang diadakan oleh Griya Kinoysan. Sudah lama saya ingin ikut pelatihan seperti ini.

Di akhir pelatihan, Mbak Ari Wulandari (mentor pelatihan) memberi tawaran untuk menulis buku anak. Tetapi temanya sudah ditentukan. Wow, ini kesempatan yang baik. Tentu saja tidak akan saya lewatkan. Kebetulan saya mendapat tema cerita rakyat dunia dari Meksiko.

Lalu bagaimana selanjutnya?


Saya pun melakukan riset, mencari sumber data (yang kebanyakan berbahasa asing), memilah cerita yang cocok, dan mulai menyusun sedikit demi sedikit. Cerita rakyat memang sarat dengan mitos dan legenda. Beberapa ada yang cocok diceritakan untuk anak, sebagian lainnya saya rasa lebih cocok dibaca kalangan remaja ke atas.

Penyelesaian naskah pun ada targetnya. Kurang lebih satu bulan naskah ini kelar. Sempat tersendat karena saya harus pindahan dari Rembang ke Manado. But finally, naskahnya rampung juga. Naskah yang selesai ini kemudian masuk ke bagian editor Griya Kinoysan. Lanjut ke editor naskah penerbit yang bekerjasama dengan Griya Kinoysan, yaitu Penerbit Andi yang berlokasi di Jogja.

Awal tahun 2014, saya menerima email Surat Perjanjian Penerbitan. Artinya, naskah saya ini sudah layak dan akan diterbitkan. Waaah, senang rasanya. Berikutnya tinggal menunggu naskah diproses oleh penerbit hingga menjadi naskah yang siap cetak lengkap dengan ilustrasinya.

Daaan, the book is coming ...

Bulan Januari, saya mendapat kabar buku yang berjudul Cerita Rakyat Meksiko siap terbit. Beberapa hari lalu, saya menerima bukti terbitnya. Dikirim lewat pos dan menginap lama di sana, hiks. Akhirnya mengambil sendiri ke kantor pos.

Nah, inilah penampakan buku tersebut. Saya kasih bocoran daftar isi dan ilustrasinya :)

Pengen tahu isinya seperti apa? Nantikan postingan saya selanjutnya ya.

0 comments:

Posting Komentar