Jumat, 20 Februari 2015

Bocoran Isi Buku Cerita Rakyat Meksiko


Buat yang penasaran kisah-kisah di Buku Cerita Rakyat Meksiko, saya bagi bocorannya sedikit ya. Sinopsis dari beberapa cerita dalam buku tersebut. Cekidot.

Asal Usul Bulu Indah Kolibri
Ceritanya, dahulu burung kolibri memiliki bulu yang biasa. Warnanya tidak cerah dan menarik. Seekor burung kolibri baik hati bernama Tzunuum, hendak menikah. Ia sedih karena tidak punya gaun yang bagus. Lantas, burung-burung lain yang menjadi sahabatnya menyumbangkan bulu untuk gaun pernikahan Tzunuum. Bulu-bulu yang beraneka warna dan indah tersebut akhirnya melekat terus pada si kolibri ini. So sweet ya :)


Langit Runtuh dan Keju Bulan
Cerita ini mengisahkan seekor anak kelinci yang memperdaya serigala yang hendak memangsanya. Pertama, anak kelinci mengatakan langit akan runtuh. Ia sembunyi di bawah batu yang besar. Serigala yang takut kejatuhan langit, ikut sembunyi juga dengan mengangkat batu besar tersebut. Padahal itu hanya akal-akalan nak kelinci saja untuk mengelabui serigala. Saat serigala sibuk berlindung, anak kelinci itu lari menjauh dari serigala. Sampai pegal serigalanya, hehehe ... Kalau keju bulan? Makanan impor dari bulankah? Nah, baca sendiri ceritanya ya.

Mahau Si Kura-Kura Gurun
Mahau ini adalah kura-kura yang suka makan buah naga. Di Meksiko, buah naga dikenal dengan sebutan pitaya. Di cerita ini, Mahau sedang diincar serigala. Lalu ia menyusun siasat agar bisa selamat dari serigala itu. Caranya? Simak kisahnya di buku Cerita Rakyat Meksiko :D

Suara Emas Mimus
Mimus adalah burung kecil bersuara merdu. Ia sangat suka menyanyi. Ia bekerja di rumah keluarga Kardinal yang mempunyai seorang putri yang cantik namun tak pandai menyanyi. Namun Tuan Kardinal ingin putrinya bisa bernyanyi sampai-sampai mengundang guru menyanyi. Tuan Kardinal juga menyiapkan konser untuk putrinya. Sang putri bersiasat, ia menyuruh mimus yang bernyanyi dan dia yang tampil. Lip sing ceritanya. Tapi ketahuan nggak ya? Hayo penasaran kan? 

Ninfa dan Pangeran Beruang
Ninfa adalah seorang gadis yang menikah dengan beruang yang tinggal di tengah hutan. Awalnya ia terpaksa demi menyelamatkan ayahnya. Tapi ternyata beruang yang ia nikahi adalah seorang pangeran yang disihir. Suatu hari, Ninfa melanggar janji pada pangeran dan membuatnya kehilangan suaminya itu. Ninfa pun melakukan perjalanan panjang untuk menemukan suaminya kembali. Ketemu tidak ya? 

Popocatepetl dan Iztaccihuatl
Kisah ini adalah salah satu legenda kuno di Meksiko tentang terjadinya gunung-gunung di dataran Meksiko, seperti gunung Popocatepetl, gunung Iztaccihuatl dan gunung Nevado de Tolucca. Ketiganya adalah gunung tertinggi kedua, ketiga, dan keempat di Meksiko. Kalau gunung tertinggi di Meksiko gunung apa hayo?

Menarik kan kisah-kisahnya. Jika ingin tahu cerita lengkapnya, kunjungi toko buku terdekat ya. Lalu comot deh buku Cerita Rakyat Meksiko buat dibawa ke kasir. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar