Minggu, 25 Oktober 2015

Indonesian Folktales : Legenda Danau Tondano


Beberapa waktu lalu, Forum Penulis Bacaan Anak (berencana membuat website yang berisi cerita rakyat Indonesia. Website ini dibuat dalam rangka memeriahkan Frankfurt Book Fair. Dimana Indonesia diundang menjadi guest of honour alias tamu kehormatan.

Setiap anggota Paberland (sebutan Forum PBA) dipersilakan mengirimkan cerita rakyat yang sudah ditulis dalam versinya sendiri. Dari seluruh naskah yang masuk, dipilih 50 naskah untuk ditampilkan dalam website tersebut.



Uniknya, cerita rakyat ini dikemas dalam dua bahasa (bilingual) dan dilengkapi dengan ilustrasi. Proses penerjemahan dan ilustrasi juga dikerjakan oleh para penerjemah dan ilustrator anggota Paberland.

Naskah cerita anak yang saya tulis, Legenda Danau Tondano, termasuk dalam naskah yang terpilih. Naskah ini sengaja saya beri judul yang berbeda, yaitu Sumpah sang Penerus Tahta atau The Sacred Vow of the Chieftain's Daughter. Sebuah cerita rakyat yang berasal dari Sulawesi Utara.

Naskah cerita ini disunting oleh Mbak Triani Retno, diterjemahkan oleh Mbak Sari Nursita, dan proofreader-nya oleh Mbak Ratih Soe. Sayang masih belum ada ilustrasinya. Semoga ada ilustrator Pabers yang berkenan membuatkan ilustrasinya. Sekarang sudah ada ilustrasinya. Malahan ada dua versi.

http://indonesianfolktales.com/blog/book/the-sacred-vow-of-the-chieftains-daughter/
Ilustrasi dari Mbak Merri An untuk cerita berbahasa Inggris.

http://indonesianfolktales.com/id/book/sumpah-sang-penerus-tahta/
Ilustrasi dari Kak Paulus Hutabarat untuk cerita berbahasa Indonesia.

Bagaimana ceritanya? Bisa dibaca di sini ya untuk cerita berbahasa Inggrisnya dan di sini untuk cerita berbahasa Indonesia. Baca juga cerita-cerita rakyat lainnya yang tidak kalah menarik. Kita memiliki ragam budaya yang begitu kaya. Jika bukan kita yang melestarikan, siapa lagi? ^^

0 komentar:

Posting Komentar