Get me outta here!

Jumat, 27 November 2015

Cara Praktis Memasang Tombol Like dan Share di Blog

Sudah lama saya ingin memasang tombol like dan share di bawah postingan blog. Baru sekarang bisa berhasil setelah melalui eksperimen yang panjang (lebaiiiii).

Eksperimen pertama yang saya lakukan adalah mengatur postingan melalui pilihan Layout atau Tata Letak. Pada bagian posting blog, sudah saya pilih untuk menampilkan tombol share. Sayangnya tidak berhasil muncul.


Saya kira, penyebabnya adalah template bawaan yang saya pakai tidak bisa menampilkan tombol share tersebut. Akhirnya saya ganti template blog saya. Mengganti template blog bukan pekerjaan ringan. Biasanya saya harus mengatur ulang tampilan blog agar sesuai dengan template baru. Eh, ternyata belum berhasil juga. Pas ada yang berhasil, saya kurang sreg dengan templatenya. Saya pun berhenti mencoba.

Cukup lama saya berhenti ngeblog. Sampai akhirnya hasrat untuk ngeblog datang lagi. Termasuk rasa penasaran dengan si tombol share. Akhirnya saya googling lagi.

Kebanyakan cara yang biasa digunakan adalah dengan mengedit kode html template blog. Saya agak menghindari yang satu ini. Pertama karena saya tidak paham betul soal kode-kodean ini. Kedua, saya khawatir blog saya malah jadi nggak karuan karena malapraktek. Tapi akhirnya nekat juga sih. Simpan back up kode html lama ke word. Waaaah, ternyata panjang banget lhoh. Sampai 40 halaman, spasi 1. Udah kayak novelet aja. Daaaan, belum berhasil juga. Keluar sih tombol sharenya, tapi bukan di bawah postingan. Kayaknya saya salah taruh, huhuhu.

Finally, saya menemukan blog yang ngasih tutorial pasang tombol share tanpa perlu utak atik setelan template. Yuhuuuu. Ini dia blognya. Nah sayangnya, pas udah jadi, tombol share yang muncul tidak sesuai harapan saya (banyak mauuuuu :P). Saya baca lagi, dia pakai pihak ketiga, yaitu sharethis. Akhirnya saya coba meluncur ke webnya.

Eh, ternyata bener lhoh. Setelah daftar, saya langsung coba buat tombol share sesuai keinginan saya. Ada 3 model yang dia tawarkan.


Asyik, kan? Kita juga bisa memilih media sosial apa saja yang ingin kita tampilkan di tombol share tersebut.
Banyak kok pilihannya.



Di bagian paling atas itu, tampilan akhir dari pilihan model dan sosial media yang kita pilih. Setelah klik Get the Code! kita akan dapat kode html seperti di bawah ini dan cara memasangnya di blog.



Cara menggunakannya 


Masuk ke blogspot.com > tata letak > tambah gadget > add html/JavaScript - See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.D9LybS3B.dpuf
Masuk ke blogspot.com > tata letak > tambah gadget > add html/JavaScript - See more at: http://www.tutorial89.com/2014/08/cara-mudah-membuat-tombol-share-di.html#sthash.D9LybS3B.dpuf
Masuk ke blogspot.com
Pilih layout atau tata letak
Pilih add gadget atau tambahkan gadget
Pilih HTML/JavaScript
Copy Paste kode tersebut ke bagian content atau konten
Simpan

Mudah kan? Tidak perlu lagi utak utik kode html template yang panjang banget. Langsung cring cring, jadi deh. Selamat mencoba.

 

2 komentar: